Sebutkan 10 storage device beserta fungsinya

Posted on

Sebutkan 10 storage device beserta fungsinya

Jawaban Terkonfirmasi

Dalam dunia informatika dan komputer, perlu kita ketahui software dan hardware. Berikut ini adalah 10 storage device disertai fungsinya:

  1. Kartu SD. Kartu SD – Kartu SD Kapasitas Tinggi (SDHC) menawarkan kinerja penyimpanan yang dapat dilepas lebih baik daripada sebelumnya. Tersedia dalam kapasitas dari 4GB hingga 32GB, pengembang dapat menentukan kecepatan tulis data yang dijamin oleh kecepatan transfer data minimum.
  2. Harddisk. Hard disk atau hard disk drive (disingkat HDD atau hard disk disingkat HD) adalah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetik.
  3. Memori Random Access Memory (RAM) adalah jenis memori komputer yang isinya dapat diakses setiap saat, terlepas dari mana data berada di memori. Ini berbeda dengan perangkat penyimpanan berurutan seperti pita magnetik, disk, dan drum. Perangkat penyimpanan berurutan memerlukan komputer untuk mengakses data secara berurutan karena pergerakan mekanis media penyimpanan.
  4. Disket. Floppy disk adalah pembawa data yang terdiri dari media penyimpanan magnetik melingkar tipis, fleksibel yang ditutupi oleh lembaran plastik persegi panjang atau persegi panjang. 5. Papan utama.
  5. Motherboard. Perannya dalam sebuah PC adalah komponen motherboard yang menghubungkan banyak komponen lainnya. Mulailah dengan CPU/prosesor, RAM, kartu grafis, hard drive, dan lainnya. BIOS (Basic Input/Output System) terletak di motherboard dan dimuat saat pertama kali sistem dihidupkan. BIOS mendefinisikan komponen yang terhubung ke motherboard.
  6. CD-R. CD-R adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris Compact Disc (Recordable), sejenis compact disc yang dapat merekam data. Jenis media penyimpanan eksternal komputer. CD-R hanya dapat direkam sekali dan data yang ada tidak dapat diubah atau dihapus.
  7. Pembaca kartu (pembaca kartu memori). Pembaca kartu memori adalah perangkat, biasanya dengan antarmuka USB, untuk mengakses data pada kartu memori seperti CompactFlash (CF), Secure Digital (SD) dan MultiMediaCard (MMC). Sebagian besar pembaca kartu juga memiliki kemampuan menulis, yang memungkinkan kartu ini berfungsi sebagai stik USB.
  8. Zip drive. Digunakan untuk merekam data analog atau digital. Data disimpan dalam bingkai. Bingkai dikelompokkan ke dalam blok atau catatan terpisah. Pita magnetik, seperti kaset audio, adalah media akses serial dan tidak dapat menyimpan data (seperti lagu pada pita musik) dengan cepat.
  9. SSHD. SSHD merupakan inovasi yang menggabungkan SSD dan HDD dalam satu perangkat. Tujuan utamanya adalah untuk menurunkan harga SSD dan meningkatkan kecepatan baca HDD. Jadi SSHD ini memiliki kecepatan SSD namun kapasitas penyimpanan maksimal HDD. Perangkat ini dirancang untuk pengguna yang memiliki anggaran terbatas dan ingin mengupgrade HDD mereka ke SSD.
  10. Flashdisk. USB flash disk adalah perangkat penyimpanan data memori flash NAND dengan antarmuka USB internal. Flash drive ini biasanya kecil, ringan, dan mudah dibaca dan ditulis. USB flash drive memiliki banyak keunggulan dibandingkan perangkat penyimpanan data lainnya, terutama floppy disk dan CD. Mereka lebih cepat, lebih kecil, memiliki kapasitas lebih, dan lebih dapat diandalkan (karena mereka tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada floppy disk.

Pembahasan

Perangkat penyimpanan atau storage device adalah nama lain untuk penyimpanan sekunder/tambahan yang digunakan untuk menyimpan data dan sistem operasi dalam sistem komputer. Sistem komputer itu sendiri memiliki empat komponen perangkat keras utama: CPU (central processing unit), penyimpanan utama/utama, penyimpanan sekunder/tambahan, dan perangkat input/output lainnya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang Perangkat berikut ini termasuk ke dalam storage device kecuali brainly.co.id/tugas/4741646
  2. Materi tentang Storage device bertugas menyediakan tempat untuk brainly.co.id/tugas/6264947
  3. Materi tentang Sebut dan jelaskan tiga perangkat penyimpanan pada komputer brainly.co.id/tugas/12831926

Detail Jawaban

Kelas: SMA

Mapel: TI

Bab: –

Kode: –

#AyoBelajar #SPJ2