Jelaskan hubungan antara syajaratun atau pohon sebagai asal kata sejarah dan kehidupan manusia!

Posted on

Jelaskan hubungan antara syajaratun atau pohon sebagai asal kata sejarah dan kehidupan manusia!

Jawaban Terkonfirmasi

Hubungannya ialah bahwa pohon digambarkan seperti sebuah peristiwa sejarah. Kata sejarah berasal dari kata syajarah (syajaratun) yang berarti pohon.

PEMBAHASAN

   Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan sejarah? Sejarah adalah segala peristiwa masa lalu yang dianggap penting dan memberi dampak yang signifikan terhadap masa depan manusia. Dalam bahasa lain, sejarah memiliki nama-nama yang berbeda. Contohnya:

  1. History [Bahasa Inggris]: Artinya yaitu studi tentang masa lalu yang berhubungan dengan manusia. History juga bisa berarti suatu rangkaian peristiwa yang terhubung ke seseorang atau sesuatu.
  2. Geschichte [Bahasa Jerman]: Artinya adalah cerita (story) atau kisah (tale) pada masa lalu.
  3. Histoire [Bahasa Perancis]: Artinya adalah masa lalu. Histoire juga bisa berarti segala peristiwa masa lalu.
  4. Babad [Bahasa Jawa]: Artinya adalah riwayat, hikayat, dan sejarah.

   Kata "sejarah" sendiri seperti yang kita ketahui saat ini berasal dari kata syajarah/syajaratum [Bahasa Arab] yang artinya adalah pohon. Kata syajarah juga dapat berarti terjadi (to happen).

   Arti sejarah yaitu pohon dapat kita gambarkan sebagai rangkaian peristiwa-peristiwa masa lampau yang berkembang dan memiliki dampak yang besar terhadap peristiwa yang akan terjadi setelahnya. Berkembangnya pohon dari bibit hingga menjadi pohon dewasa yang tumbuh kokoh merupakan hasil dari kejadian masa lalu yang terjadi terhadap pohon tersebut.

   Dalam bahasa inggris dikenal istilah family tree yang berarti pohon keluarga (silsilah keluarga). Maksudnya yaitu pohon keluarga melambangkan rangkaian keturunan yang terdapat pada keluarga tersebut. Dari pohon keluarga itulah kita dapat mengetahui sejarah keluarga tersebut.

   Pohon terbagi menjadi 3 bagian penting, yaitu akar, batang, dan daun. Kita dapat menafsirkan akar sebagai awal mula terjadinya peristiwa besar yang sangat penting yang akan menjadi dasar dari peristiwa-peristiwa yang terjadi setelahnya. Misalnya, peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia menjadi akar dari sejarah Indonesia. Pemerintahan Indonesia yang ada saat ini merupakan akibat dari terjadinya peristiwa proklamasi tersebut.

   Batang dapat kita tafsirkan sebagai pondasi yang kuat terhadap peristiwa sejarah tersebut. Misalnya, para pribumi yang berhasil menjaga keutuhan negara Indonesia pascakemerdekaan dapat menjadi pondasi yang kuat terhadap sejarah Indonesia. Tanpa adanya keutuhan tersebut, tentu saja sejarah Indonesia akan berakhir dan tidak dapat diteruskan secara turun-temurun.

   Daun dapat ditafsirkan sebagai peristiwa-peristiwa mutakhir dalam sejarah yang terbentuk dan berkembang dari peristiwa-peristiwa sebelumnya. Misalnya, peristiwa Tragedi Trisakti pada sejarah Indonesia menjadi titik awal jatuhnya pemerintahan Soeharto yang dianggap oleh sebagian masyarakat sebagai pemerintahan yang korup dan kurang demokratis.

   Seluruh organ-organ pohon (akar, batang, daun, dll.) itu membentuk suatu kesatuan sebagai sebuah pohon. Pohon tersebut ditafsirkan sebagai keseluruhan rangakaian peristiwa sejarah dari awal hingga akhirnya. Oleh karena itulah pohon dapat dianggap sebagai simbol ilmu sejarah.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Hakikat dan ruang lingkup sejarah:

_______________

DETAIL JAWABAN

bold {Mapel::} Sejarah

bold {Kelas::} 10

bold {Materi::} Cara berpikir sejarah

bold {Kode:Kategorisasi::} 10.3.1

Kata Kunci : Syajarah, Sejarah, Hubungan kata syajarah dengan kata sejarah

#optitimcompetition

Jawaban Terkonfirmasi

Hubungan antara syajaratun atau pohon sebagai asal kata sejarah dan kehidupan manusia adalah bahwa manusia itu hidup akan terus bergerak tumbuh seiring perjalanan waktu dan tempat atau ruang di mana dia berada. Kehidupan bukanlah sesuatu yang diam atau statis, tetapi sesuatu yang terus-menerus tumbuh dan berkembang.  


Pembahasan

Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas hubungan syajaratun dengan kehidupan manusi.  

Selamat belajar…!!!  

Kata sejarah juga berasal dari bahasa Arab, yaitu Syajaratun, berarti pohon kayu. Pohon dalam pengertian ini merupakan suatu simbol, yaitu simbol kehidupan. Di dalam pohon terdapat bagian-bagian seperti batang, ranting, daun, akar, dan buah.  

Asal-Usul Kata SejarahBagian-bagian dari pohon itu memiliki hubungan yang saling terkait dan membentuk pohon tersebut menjadi hidup. Ada dinamika yang bersifat aktif, tidak pasif. Dinamika ini terus-menerus terjadi beriringan dengan waktu dan ruang di mana kehidupan itu ada. Dengan adanya lambang pohon itu, dapat menunjukkan adanya suatu pertumbuhan dan perkembangan.

Kalau kita kaitkan pengertian syajaratun dengan kehidupan manusia, dapatlah mengandung arti bahwa manusia itu hidup akan terus bergerak tumbuh seiring perjalanan waktu dan tempat atau ruang di mana dia berada. Kehidupan bukanlah sesuatu yang statis atau diam, tetapi sesuatu yang terus-menerus akan tumbuh dan berkembang. Contoh, manusia di kehidupannya mengalami fase di dalam kandungan, lahir, bayi dan anak-anak dan setrusnya, merupakan adanya kesinambungan dalam setiap kehidupan manusia.

Kesinambungan dapat terjadi karena manusia dalam kehidupannya terikat oleh waktu dan ruang. Terdapat masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang adalah menunjukkan adanya kesinambungan. Masa sekarang ditentukan oleh masa lalu, dan masa depan ditentukan oleh masa sekarang. Dalam pengertian ini waktu dapat diartikan sebagai jam, hari, minggu, bulan, tahun, dan juga bentuk waktu yang lain.

Ruang adalah tempat di mana manusia itu tinggal, misalkan di desa, kota, kampung, dusun, dan lain-lain. Dengan uraian contoh tersebut, dapatlah dinyatakan bahwa ciri penting dari sejarah adalah adanya konsep waktu dan ruang. Sejarah pada dasarnya bukan hanya tentang masa lalu, sejarah pada dasarnya tentang kehidupan manusia di dalam konteks waktu dan ruang.

Pelajari Lebih Lanjut

1. Kajian tentang contoh sumber sejarah sekunder bisa coba cek brainly.co.id/tugas/3195325  

2. Kajian tentang pengertian sejarah bisa coba cek brainly.co.id/tugas/684902  

3. Kajian tentang Pengertian sejarah secara negatif dan pengertian sejarah secara positif menurut pendapat Prof. Dr. Koentowijoyo bisa coba cek brainly.co.id/tugas/16676739  

Detail Jawaban

Kelas : 7

Mapel : Sejarah

Bab 1 : Cara Berpikir Sejarah

Kode : 10.3.2001

Kata Kunci : Sejarah, Syajaratun, Masa Lalu, Masa Kini, Masa Depan.