Segregasi yang terjadi di perkotaan ditandai dengan munculnya​

Posted on

Segregasi yang terjadi di perkotaan ditandai dengan munculnya​

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Segregasi yang terjadi di perkotaan ditandai dengan munculnya​ kawasan-kawasan mewah, merebaknya permukiman kumuh, adanya pembagian wilayah dalam kota,dan munculnya daerah dengan ekonomi yang terbilang rendah.  

Penjelasan:

Segregasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mempunyai arti pemisahan atau penyekatan (suatu kelompok dari kelompok lainnya); pengucilan; pengasingan. Kata segregasi mengarah pada kegiatan atau tindakan memarginalkan, memisahkan, atau mengelompokkan sesuatu dari sesuatu atau kelompok/orang tertentu. Segregasi umumnya terjadi disebabkan alasan budaya atau politik.

Menurut Kamus Sosiologi, Segregasi (segregation) didefinisikan dengan konsentrasi bagian-bagian organisasi atau populasi secara paksaan atau dengan sukarela di wilayah tertentu. Segregasi sosial ialah suatu konsep yang menerangkan terkait adanya pemisahan hubungan dan interaksi antara dua kelompok yang berbeda. Segregasi dapat terjadi ketika kedua kelompok yang berbeda tersebut mempunyai jarak sosial yang cukup mencolok, sehingga membuat mereka saling menolak untuk berinteraksi apalagi sampai bekerja sama.

Masyarakat perkotaan mempunyai beragam aspek budaya yang berbeda, hal ini seperti terkait dalam bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan lain-lain. Dalam pembinaan perkotaan ialah adanya keterbukaan kota berupa konsep manajemen dan perencanaan yang baik. Kebutuhan masyarakat perkotaan, yang terpenting bisa dipahami berbagai aktivitas yang berlangsung. Sebab, dalam hal ini masing-masing memiliki fungsi yang berbeda terhadap hal tersebut. Terkait hal ini, fungsi dari organisasi sosial masyarakat begitu penting dalam menjaga aspek sosial masyarakat.

Contohnya, terkait hal ini pemasalahan sosial masyarakat perkotaan. Segregasi perkotaan terkait hal ini diartikan dalam hal ini persoalan lain masyarakat kota. Sedangkan segregasi ruang ialah fenomena penggolongan ruang perkotaan berdasarkan batas-batas ekonomi dan sosial.

Berbagai pemecahan masalah terkait tata ruang perkotaan tentunya bagus dalam mencegah terjadinya segregasi kota dengan tata ruang yang memungkinkan penyatuan yang baik antar kelompok sosial ekonomi masyarakat. Maka dari itu, beragam investasi berminat, perlu perhatian atau pemokusan yang baik terhadap tata kota berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Penjelasan materi tentang Ketimpangan Sosial: brainly.co.id/tugas/42814705
  2. Penjelasan materi tentang Segregasi: brainly.co.id/tugas/18481015

#BelajarBersamaBrainly