Jelaskan fungsi media komunikasi menurut joseph A Devito

Posted on

Jelaskan fungsi media komunikasi menurut joseph A Devito

Jawaban Terkonfirmasi

Jelaskan fungsi media komunikasi menurut joseph A Devito !

Joseph A. DeVito seorang professor komunikasi di City University of New York dalam bukunya Communicology menjelaskan bahwa fungsi komunikasi adalah :

1. Fungsi menghibur, yaitu memberikan hiburan untuk mendapatkan perhatian, sehingga bisa menjual sesuatu kepada pengiklan.

2. Fungsi meyakinkan yaitu mengukuhkan sikap, membuat orang lain percaya, mengubah sikap, menggerakkan etika dan menawarkan sistem tertentu, sehingga orang yang menyaksikan atau mendengar merasa yakin dan percaya bahwa in formasi tersebut benar adanya.

3. Menginformasikan sebagai media edukasi yang ditujukan untuk mensosialisasikan dalam bentuk drama, cerita ataupun diskusi.

4. Menganugerahkan status yaitu jika seorang itu penting maka akan dengan mudah mendapatkan perhatian di media.

5. Fungsi membius yaitu menyajikan informasi yang dapat membuat penerima percaya dan terbius dan menganggap bahwa berita itu benar adanya.

6. Menciptakan rasa kebersatuan, yaitu kemampuan untuk menjadikan kita sebagai anggota kelompok tertentu dan berada di sebuah situasi yang sama meskipun kenyataannya dia sedang sendirian, misalnya menonton acara pertandingan sepak bola, seolah-olah kita berada di stadion dimana pertandingan itu berlangsung.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang fungsi komunikasi dapat dilihat pada link berikut ini :brainly.co.id/tugas/3440389

Dan untuk memahami lebih jauh tentang manfaat media massa bagi pelajar dapat dilihat pada link berikut ini :brainly.co.id/tugas/2356906

Kode Soal : 7.10.4

Kelas : VII (1 SMP)

Mata Pelajaran : IPS

Kategori : Dinamika Interaksi Manusia

Kata Kunci : Komunikasi, Media.