proklamasi kemerdekaan bangsa indonesia boleh dikatakan merupakan andil dari golongan pemuda. Bagimana pendapat anda terhadap golongan pemuda tersebut?

Posted on

proklamasi kemerdekaan bangsa indonesia boleh dikatakan merupakan andil dari golongan pemuda. Bagimana pendapat anda terhadap golongan pemuda tersebut?

Golongan Muda

·         Menghendaki Proklamasi Kemerdakaan Indonesia diselenggarakan secepatnya tanggal 16 Agustus 1945

·         Menghendaki Proklamasi Kemerdekaan Indonesia terlepas dari pengaruh Jepang

·         Menganggap PPKI  buatan Jepang

·         Menganggap golongan tua sangat lamban

Golongan Tua

·         Menghendaki cepat atau lambat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tidak penting, tetapi pada dasarnaya Proklamasi harus disiapkan secara matang

·         Menghendaki Indonesia dapat merdeka tanpa pertumpahan darah

·         Menghendaki proses Proklamasi Kemerdekaan melalui rapat PPKI

·         Golongan tua lebih bersikap hati – hati

Kesimpulan :

           Perbedaan antara golongan tua dan golongan muda hingga terjadinya peristiwa Rengasdengklok, menunjukan adanya saling menghargai antara golongan tua dan golongan muda. Meskipun golongan muda membawa paksa golongan tua( Sukarno&Hatta), namun mereka tetap menghormati kedua tokoh ini sebagai Bapak Bangsa. Golongan muda tetap memperlakukan kedua tokoh bangsa itu dengan hormat. Sukarno&Hatta pun tidak membenci golongan muda. Bahkan kemudian mereka menuruti keinginan golongan muda untuk memproklamasikan kemerdekaan tanpa persetujuan Jepang. Mari kita galang persatuan dan kesatuan untuk saling bermusyawarah.