1. Sebutkan wilayah dakwah

Posted on

kesembilan juru dakwah tersebut
dibagi menjadi tiga bagian, yaitu…
2. Sebutkan nama wali yang
berdakwah di bagian Jawa
timur! ….
3. Sebutkan nama wali yang
berdakwah di bagian Jawa
tengah!…
4. Sebutkan nama wali yang
berdakwah di bagian Jawa
barat! …
5. Apa alasan mereka di sebut
wali songo?…

1. Sebutkan wilayah dakwah

Jawaban:

1.) Jawa Barat, Jawa tengah, dan Jawa Timur.

2.) Sunan Ampel, Sunan Bonang, Sunan Drajat, Sunan Giri, dan Sunan Gresik.

3.) Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Kudus.

4.) Sunan Gunung Jati.

5.) Karena mereka berjumlah sembilan wali.

Pembahasan.

Wali songo artinya Sembilan Wali yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa. Pulau Jawa terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

nama nama Wali songo :

  1. Sunan Gresik.
  2. Sunan Ampel.
  3. Sunan Giri.
  4. Sunan Bonang.
  5. Sunan Kalijaga.
  6. Sunan Drajat.
  7. Sunan Muria.
  8. Sunan Kudus.
  9. Sunan Gunung Jati.

1.) Sunan Gresik.

Sunan Gresik menyebarkan Agama Islam di bagian Jawa Timur, atau tepatnya di Gresik. Sunan Gresik menyebarkan Agama Islam dengan cara merangkul masyarakat bawah yang tersisihkan dalam kasta Agama Hindu. Sunan Gresik juga membangun Pondok Pesantren di daerah Leran.

2.) Sunan Ampel.

Sunan Ampel menyebarkan Agama Islam di bagian Jawa Timur, atau tepatnya di Surabaya. Sunan Ampel menyebarkan Agama Islam dengan cara membangun dan mengembangkan Pondok Pesantren. Sunan Ampel merupakan putra dari Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal dengan nama Sunan Gresik.

3.) Sunan Giri.

Sunan Giri menyebarkan Agama Islam di Jawa Timur, atau tepatnya di Gresik. Sunan Giri menyebarkan Agama Islam dengan cara menciptakan permainan yang berhubungan dengan Agama. Sunan Giri belajar di Pesantren milik Sunan Ampel. Sunan Giri mendirikan pesantren didaerah perbukitan Desa Sidomukti yang terletak di sebelah Selatan Gresik.

4.) Sunan Bonang.

Sunan Bonang menyebarkan Agama Islam di Jawa Timur, atau tepatnya di Tuban. Sunan Bonang menyebarkan agama Islam dengan cara memadukan ajaran Agama Islam dengan kesenian masyarakat sekitar. Sunan Bonang mendirikan Pesantren yang dikenal dengan nama Watu Layar.

5.) Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga menyebarkan Agama Islam di Jawa Tengah, atau tepatnya di Demak. Sunan Kalijaga menyebarkan Agama Islam dengan cara yang sama seperti Sunan Bonang, yaitu dengan melalui kesenian yang disukai oleh masyarakat sekitar. Sunan Kalijaga adalah murid dari Sunan Bonang.

6.) Sunan Drajat.

Sunan Drajat menyebarkan Agama Islam di Jawa Timur, atau tepatnya di Lamongan. Sunan Drajat menyebarkan Agama Islam dengan cara membeir contoh serta mengajak masyarakat agar memiliki jiwa sosial. Sunan Drajat adalah putra dari Sunan Ampel dan bersaudara dengan Sunan Bonang.

7.) Sunan Muria.

Sunan Muria menyebarkan Agama Islam di Jawa Timur, atau tepatnya di Lereng gunung Muria, atau Kudus. Sunan Muria menyebarkan agama Islam melalui karya Seni. Sunan Muria adalah putra dari Sunan Kalijaga.

8.) Sunan Kudus.

Sunan Kudus menyebarkan agama Islam di Jawa Timur, atau tepatnya di Kudus. Sunan Kudus menyebarkan agama Islam dengan cara memadukan Budaya yang ada di masyarakat dengan Ajaran Islam.

9.) Sunan Gunung Jati.

Sunan Gunung Jati menyebarkan agama Islam di Jawa Barat, atau tepatnya di Cirebon. Sunan Gunung Jati menyebarkan agama Islam dengan cara membangun sarana yang diperlukan oleh masyarakat.

___________________

Pelajari lebih lanjut :  

_ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _ _

~ Detail Jawaban ~

  • Mapel : Agama.
  • Kelas : 9 SMP.
  • Materi : Bab 7 – Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara.
  • Kode Soal : 14
  • Kode Kategorisasi : 9.14.7
  • Kata Kunci : Wali songo, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur.

=> Wali songo

1)  Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah.

2) Ada 6 Wali yang berdakwah di bagian jawa timur, Sunan Muria, Sunan Gresik, Sunan Ampel, Sunan bonang, Sunan Giri, dan Sunan Drajat.

3) Hanya ada 2 Wali yang berdakwah di bagian jawa tengah, yaitu Sunan Kalijaga dan Sunan Kudus.

4) Hanya ada 1 Wali yang berdakwah di bagian jawa barat yaitu Sunan Gunung Jati

5) Karena mereka berjumlah 9 jika dihitung berdasarkan anggota wali songo (songo dalam bahasa jawa berarti 9)