Jelaskan teori ” tentang masuknya agama s kebudayaan

Posted on

Islam ke indonesia
Jelaskan Pengaruh islam terhadap Nusantara dlm bidang
Sosial budaya & kesenian.
Mengapa Perkembangan agama istam bermula dari Pesisir?
Jelaskan
Menurut anda dari saluran ke masuknya agama Islam ke
ndonesia , marokah Saluran ĭ Paling efektif ? Jelaskan
Jelastan dampak dari keberhasilan Kesultanan Ternate
mengusir Portugis dlm proses kolonialisme bangsa eropa di
indonesia
Jawab​

Jelaskan teori ” tentang masuknya agama s kebudayaan

Jawaban:

1. Teori teori tentang masuknya agama dan kebudayaan islam ke indonesia

Pembahasan:

a. Teori Gujarat, merupakan salah satu teori yang menjelaskan bahwa agama Islam masuk di Indonesia pada abad ke 13 M/ 7 H yang dibawa oleh pedagang dari Gujarat melalui selat Malaka. Teori ini diperkuat dengan temuan makam atau batu nisan Sultan Samudera Pasai, Malik As-Saleh padatahun 1297 yang memiliki bentuk yang sama dengan batu nisan yang ada di gujarat.

b. Teori Persia, menurut Hoesein Djadjadiningrat dan Umar Amir Husen agama Islam masuk melalui para pedagang Persia atau Iran pada abad 13 M/ 7 H . Teori ini diperkuat dengan adanya kesamaan budaya antara Persia dan Indonesia. Seperti memperingati 10 Muharram atau hari Asyurah.

c. Teori Mekkah, merupakan salah satu teori yang menjelaskan bahwa agama Islam masuk di Indonesia melalui para musafir atau para pedagang yang datang dari Mekah atau Arab Saudi pada abad ke 7 M. Teori ini diperkuat dengan perkampungan Arab di Barus, Sumatera Utara.

d. Teori China, merupakan teori yang menjelaskan bahwa agama Islam masuk ke Indonesia melalui masyarkat muslim China pada abad ke 9 M. Teori ini diperkuat dengan adanya bukti bahwa Raden Patah yang merupakan Raja dari kerajaan Demak adalah keturunan China.

2. -Tidak lagi dipergunakannya sistem kasta

   -Dipakainya penulisan nama Arab dalam pemberian nama anak

   -Kebudayaan Islam berpengaruh pada seni bangunan

   -Kebudayaan Islam berpengaruh pada seni rupa

   -Kebudayaan Islam berpengaruh pada seni sastra

   -Kebudayaan Islam berpengaruh pada seni busana

   -Kebudayaan Islam berpengaruh pada sistem pemerintahan

   -Kebudayaan Islam berpengaruh pada sistem kalender

3. karena asal mulanya para pedagang muslim itu berlayar, nah kalau berlayar kan berarti tujuannya pesisir.

nah perkembangan ini berawal dari masyarakat indonesia yang berada di daerah pesisir pantai dari daerah pesisir pantai inilah, agama dan kebudayaan Islam dikembangkan ke daerah pedalaan oleh para ulama. Perkembangan di daerah pedalaman ini ditujukan kepada kelangan istanan yaitu raja, keluarga raja dan kaum bangsawan. Apabila raja dan kaum bangsawan telah masuk islam, maka rakyat sangat patuh dan taat terhadap perintah-perintah rajanya

4. Dari saluran-saluran masuknya agama Islam ke Indonesia, saluran yang paling efektif adalah saluran perdagangan.

Pembahasan:

Islam merupakan salah satu agama terbesar di Indonesia. Hal ini didukung dengan fakta bahwa agama Islam memiliki penganut terbesar di Indonesia.

Proses masuknya Islam ke Indonesia dianggap berbeda dengan perkembangan Islam di Indonesia, yaitu dari beberapa fakta berikut

Masuknya Islam diperkirakan mulai abad ke-7 hingga abad ke-8 Masehi.

Proses penyebarannya hingga ke hampir seluruh nusantara diperkirakan mulai abad ke-13 hingga abad ke-16 Masehi.

Berkembangnya Islam yang dimulai pada abad ke-15 Masehi ditandai dengan bermunculannya kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Islam masuk ke Indonesia melalui beberapa saluran, antara lain:

-perdagangan

-perkawinan

-tasawuf

-pendidikan

-seni budaya

-dakwah

Perdagangan

Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia salah satunya melalui jalur perdagangan. Hal ini didukung oleh letak Indonesia yang strategis sebagai jalur perdagangan bahkan menjadi pusat perdagangan. Oleh karena itulah, saluran perdagangan merupakan saluran yang dirasa paling efektif karena pengaruh letak dan posisi Indonesia yang strategis sehingga menjadi jalur perdagangan bahkan pusat perdagangan bagi seluruh pedagang terutama pedagang Islam yang berasal dari Gujarat.

5. Dampak dari keberhasilan Ternate mengusir Portugal dari wilayah mereka yaitu

– Kerajaan Ternate mengalami masa kejayaan 

– Ternate kedatangan bangsa Spanyol di abad 15 yang berakibat buruk bagi rakyat karena mereka berniat menguasai Semenanjung Maluku

– Kedatangan Belanda yang ikut diminta bantuan mengusir Spanyol. Sayangnya keputusan Ternate tersebut dibayar mahal dengan mengorbankan kemerdekaan Ternate sendiri lewat penandatanganan kontrak dengan VOC. 

maaf kalau salah…

semoga membantu^^