Jenis tanaman yang dianjurkan ditanam pada masa pendudukan Jepang adalah …

Posted on

Jenis tanaman yang dianjurkan ditanam pada masa pendudukan Jepang adalah …

Jawaban Terkonfirmasi

Tanaman yang dianjurkan ditanam pada masa pendudukan Jepang adalah … tanaman jarak

Pembahasan:

Tanaman jarak (Ricinus communis) atau tanaman castor adalah tanaman berbunga yang ditanam untuk bijinya dan minyak yang dihasilkan dari biji ini. Biji jarak adalah sumber minyak jarak (castor oil), yang memiliki berbagai kegunaan.

Sebagaimana minyak tanaman lain, minyak jarak juga cocok sebagai pelumas dan biodiesel. Pada Perang Dunia I dan II, negara yang tidak memiliki ladang minyak cukup seperti Jepang dan Jerman, menggunakan minyak jarak untuk pengganti minyak bumi sebagai pelumas mesin dan bahan bakar.

Akibatnya, ketika Jepang menduduki Indonesia antara tahun 1942 dan 1945, penduduk Indonesia dipaksa oleh Jepang untuk menanam tanaman ini, untuk memenuhi kebututuhan tentara Jepang.

Manfaat yang sangat besar ini membuat jarak sebagai tanaman yang menguntungkan untuk ditanam (cash crop). Ini akan memberikan alternatif sumber pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama para petani.

—————————————————————————————-

Pelajari Lebih Lanjut

Jelaskan dampak positif pemanfaatan tumbuhan jarak terhadap kegiatan ekonomi masyarakat

brainly.co.id/tugas/8222669

Detail Jawaban  

Kode: 11.3.4  

Kelas: XI  

Mata pelajaran: IPS/Sejarah  

Materi: Bab 4 – Pendudukan Jepang di Indonesia

Kata kunci: Tanaman Jarak

Jenis tanaman yang diwajibkan untuk ditanam di masa pendudukan Jepang adalah Jarak dan Rempah Rempah. Mereka menyuruh rakyat indonesia untuk menanam Jarak karena Biji Jarak bisa diolah menjadi bensin.

Semoga Membantu 🙂