Ada tiga gedung tempat penyelenggaraan Sumpah Pemuda tempat ikrar Sumpah Pemuda dibacakan di​

Posted on

Ada tiga gedung tempat penyelenggaraan Sumpah Pemuda tempat ikrar Sumpah Pemuda dibacakan di​

Jawaban:

Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

Pada mulanya rapat pertama kongres kedua dilaksanakan Sabtu, 27 Oktober 1928. Para pemuda berkumpul di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond guna membahas arti dan hubungan persatuan antarpemuda. Menurut salah seorang pemuda, persatuan Indonesia dapat diperkuat dengan adanya sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Gedung Oost-Java Bioscoop

Keesokan harinya yaitu Minggu, 28 Oktober 1928, rapat dilanjutkan di Gedung Oost-Java Bioscoop. Pada rapat kedua, para pemuda membahas tentang pendidikan yang mencapai kesepakatan bila setiap anak dan pemuda harus mendapatkan pendidikan kebangsaan, dididik secara demokratis, serta keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Biarpun sudah mencapai kesepakatan, rapat masih dilanjutkan tapi di tempat berbeda.

Gedung Indonesisch Huis Kramat

Terakhir adalah gedung yang digunakan untuk rapat di hari kedua dan merupakan tempat tercetusnya naskah Sumpah Pemuda. Gedung itu bernama Indonesisch Huis Kramat. Pada mulanya gedung ini merupakan rumah kos bagi para pemuda yang tidak punya tempat tinggal ketika bersekolah. Seiring berjalannya waktu, gedung tersebut dijadikan tempat untuk pertemuan para pemuda termasuk kongres.

Pada sesi rapat di gedung tersebut, pemuda membicarakan pentingnya nasionalisme dan demokrasi. Selain itu, menurut mereka gerakan kepanduan perlu ditanamkan kepada anak-anak sejak dini agar tercipta sifat disiplin dan mandiri. Gerakan ini tentunya tidak bisa dipisahkan dari gerakan nasional. Setelah tercipta kesepakatan, barulah muncul rumusan naskah Sumpah Pemuda.

wilayah Jakarta Pusat, gedung ini sebenarnya adalah Museum Sumpah Pemuda. Maka tak heran bila gedung tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi. Museum ini terletak di Jalan Kramat No. 106.

Penjelasan:

Semoga membantu

Jangan lupa jadikan jawaban tercerdas