Uraikan yang anda ketahui tentang pola nalar induktif

Posted on

Uraikan yang anda ketahui tentang pola nalar induktif

Jawaban Terkonfirmasi

Uraikan yang anda ketahui tentang pola nalar induktif, pengertian dari pola nalar indukutif adalah suatu pola pemikiran yang menggunakan cara yang bertolak atau memulai dari hal-hal yang bersifat khusus kepada hal-hal yang bersifat umum. Pola pikir induktif juga bias digunakan ketika seseorang sedang menghadapi suatu permasalahan atau memang sedang mencari suatu pengetahuan.

Salah satu contoh pola pirkir induktif adalah ketika kita mengamati sebuah benda yang bisa mengapung atau tenggelam di suatu permukaan air. Mengapa benda tersebut dapat terapung? namun benda lain tidak dapat mengapung?

Lawan dari pemikiran dengan pola induktif adalah pola pikir deduktif. Pola pikir ini merupakan lawan dari induktif, ketika induktif menggunakan pendekatan yang dimulai dari hal-hal khusus, pola pikir deduktif menggunakan pola umum terlebih dahulu untuk menyimpulkan suatu kesimpulan yang bersifat khusus.

Demikian penjelasan secara singkat mengenai apa itu pola nalar induktif, yaitu ketika kita menggunakan pikiran kita untuk menyimpulan hal-hal yang bersifat khusus untuk mengambil kesimpulan yang bersifat umum. Untuk membaca materi lainnya mengenai pola nalar induktif, pola nalar deduktif dan materi lainnya dapat dibaca pada link berikut

Pola nalar deduktif beserta contohnya brainly.co.id/tugas/11881035

Pola pikir mengenai sesuatu yang baru brainly.co.id/tugas/8945264

Pola pikir yang harus dimiliki oleh anggota masyarakat brainly.co.id/tugas/767296

Detil tambahan

Kelas : 8 SMP

Materi : Pola nalar induktif dan pola nalar deduktif

Kata kunci : Pengertian dari pola nalar induktif