Nama senyawa C2H3O5N itu apa??

Posted on

Nama senyawa C2H3O5N itu apa??

Jawaban Terkonfirmasi

Nama senyawa C₂H₃O₅N adalah

Jawaban:

Nama senyawa senyawa tersebut adalah Peroxyacetyl nitrate.

Penjelasan:

1. PENAMAAN SENYAWA BINER IONIK

Untuk penamaan senyawa biner ionik yang dibentuk dari satu unsur logam dan satu unsur bukan logam . Cara penulisannya, unsur logam dituliskan nama logam tanpa modifikasi dan diikuti dengan penamaan unsur bukan logam melalui pemberian akhiran ‘ida’. Contoh penamaan  

NaCl : Natrium klorida  

CaF₂: Kalsium fluorida  

Ada beberapa Unsur tertentu yang mempunyai lebih dari satu bentuk ion. Untuk menyatakan perbedaan rumus dan nama–nama senyawa, dalam hal ini kita tentukan bilangan oksidasi unsur-unsur tersebut. Ada dua sistem penulisan yang umum dipergunakan :  

  • Penamaan dengan penulisan bilangan oksidasi memakai angka romawi (SISTEM STOCK).  
  • Penamaan dengan sistem akhiran ‘O’ untuk kation dengan bilangan oksidasi yang lebih rendah, akhiran ‘i’ untuk kation dengan bilangan oksidasi yang lebih tinggi.  

Contoh

CrCl₂Kromium (II) klorida Kromo klorida  

CrCl₃ Kromium (III) klorida Kromi klorida  

2. PENAMAAN SENYAWA BINER KOVALEN

Penamaan senyawa biner kovalen yang terdiri dari unsur non-logam dengan unsur non-logam . Diawal rumus kimia dituliskan unsur dengan bilangan oksidasi positif kemudian diikuti dengan bilangan oksidasi negatif. Penamaan yang dilakukan hampir sama dengan penamaan biner ionik. Contohnya adalah

SO₂ bukan O₂S , Sulfur dioksida  

CF₄ bukan F₄C, Karbon tetrafluorida  

3. PENAMAAN ASAM – ASAM BINER

Penamaannya berdasarkan gabungan dari awalan ‘hidro’ dengan nama bukan logam yang diberi akhiran ‘at’. Contohnya adalah

HF – asam hidrofluorat (asam fluorida)  

HBr – asam hidrobromat (asam bromat)  

4. PENAMAAN SENYAWA POLIATOMIK  

Senyawa poliatomik merupakan senyawa yang mengandung ion poliatomik yang terdiri dari dua atom atau lebih yang terikat bersama. Unsur yang banyak terdapat pada anion pliatomik adalah oksigen. Oksigen yang terikat dengan atom bukan logam lainnya disebut oksoanion. Sejumlah unsur tertentu membentuk deret oksoanion yang mengandung jumlah atom oksigen yang berbeda-beda. Contohnya adalah sebagai berikut :

AsO₃³⁻ Arsenit  

AsO₄³⁻ Arsenat  

———————- #BelajarBersamaBrainly —————————–

Tetap semangat ya dalam belajar. Semoga jawaban ini bisa membantu. Untuk lebih memahami materi silahkan untuk mempelajari link dibawah ini :