1.) perangan pawarta kang dhisik dhewe , biasane mung ditulis nganggo tembung tembung supaya nuwuhake minat pembaca yaiku…

Posted on

2.) pawarta asale saka tembung warta kang tegese…

1.) perangan pawarta kang dhisik dhewe , biasane mung ditulis nganggo tembung tembung supaya nuwuhake minat pembaca yaiku…

Jawaban Terkonfirmasi

1) Perangane pawarta sing ana ning ngarep (dhisik) tujuane ditulis kanggo nuwuhake minat pembaca yoiku alinea pam buka.

2) Pawarta asale saka tembung warta yoiku tegese kabar (berita).

Pembahasan:

Pawarta merupakan suatu laporan atau kabar terkini yang menjelaskan tentang peristiwa yang terjadi secara langsung berdasarkan fakta di lapangan. Waktu kejadian berita biasanya langsung disiarkan atau terjadi dalam waktu yang berdekatan. Kandungan dalam berita mudah dimengerti dan menarik bagi para pembaca. Berita yang disampaikan harus akurat dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Dalam Bahasa Indonesia pawarta sering disebut dengan berita. Terdapat beberapa bagian dari pawarta, yaitu:

  • Irah-irahan (Judul). Memuat judul berita yang mencangkup gambaran dari isi berita.
  • Alinea Pam buka (Alinea Pembuka). Terdapat berada di awalan berita dimana menggambarkan informasi dari berita dan menambahkan minat para pembaca untuk mau membaca pawarta.
  • Awak Pawarta (Isi Berita). Merupakan gambaran keseluruhan isi dari berita. Biasanya mengandung 5W+1H (Apa, Siapa, Dimana, Kapan, Kenapa dan Bagaimana).
  • Pa nutup Pawarta (Penutup Berita). Merupakan bagian akhir dari berita yaitu kesimpulan berupa ringkasan dari isi berita.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang macam-macam jenis dari berita brainly.co.id/tugas/2814111

2. Materi tentang contoh berita menggunakan bahasa Jawa brainly.co.id/tugas/1125488

3. Materi tentang ciri-ciri dari berita brainly.co.id/tugas/5481421

Detail jawaban

Kelas : SMA

Mapel : Bahasa Jawa

Bab : Pawarta

Kode :

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3