Jelaskan istilah Keimin Bupka Sidhoso!

Posted on

Jelaskan istilah Keimin Bupka Sidhoso!

Jawaban Terkonfirmasi

Pemerintahan Jepang di Hindia Belanda di tahun 1943 juga mendirikan sebuah Pusat Kebudayaan, disebut:Keimin Bunka Shidoso, sebagai salah satu media dari gerakan propaganda Asia Timur Raya. Di dalam Keimin Bunka Shidoso terdiri berbagai aliran seni seperti sastra, musik, tari, drama, film, dan seni rupa. Agus Djaja ditunjuk sebagai ketua bidang seni rupa; untuk film dan drama ditunjuk Usmar Ismail; seni sastra diketuai Armijn Pane; sedangkan seni tari dan suara oleh Ibu Sud.

Dalam konteks pendudukan Jepang ini, dunia seni lukis Indonesia justru memperoleh peluang berkembang pesat. Dalam 3,5 tahun, diselenggarakan puluhan pameran yang berlangsung meriah di tempat khusus atau di pasar malam (rakutenci), dan biasanya disertai pemberian penghargaan seni lukis terbaik

Pembahasan

Kepengurusan

Kepengurusan dibagi menjadi empat kelompok, yaitu:

  • Ketua bidang seni rupa dijabat oleh Agus Djaja,
  • Ketua bidang film dan drama dijabat oleh Usmar Ismail,
  • Ketua seni sastra dijabat oleh Armijn Pane,  
  • Ketua seni tari dan suara dijabat oleh Ibu Sud.

Masa Pendudukan Jepang

Pada masa pendudukan Jepang Indonesia tertutup ke dunia luar maupun ke dalam wilayah Indonesia, sehingga pada masa itu Indonesia sangat terisolasi dari hubungan dengan dunia luar dan dapat dikatakan, bahwa seluruh komunikasi dikendalikan oleh pemerintah. Demikian juga komunikasi di dalam Indonesia sendiri tertutup, misalnya antarpulau Sumatra, Jawa, Kalimantan dan lain-lain. Maka untuk menyebarluaskan pemakaian bahasa Indonesia dilakukan melalui surat kabar-surat kabar dan radio. Pada masa pendudukan Jepang bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat akibat kebijakan Jepang pada masa itu, diantaranya adalah :

Pelarangan penggunaan bahasa Belanda dari dunia perguruan tinggi maupun sekolah- sekolah, maupun perkantoran dan dari pergaulan seharihari memberikan kesempatan yang baik bagi pemakaian dan pengembangan bahasa Indonesia.

Pelarangan bagi orang Belanda memakai bahasanya sendiri. Yang melanggar dapat dituduh membantu musuh (Belanda, Amerika Serikat dan Inggris). Seperti diketahui, pada masa penjajahan Belanda, bahasa Belanda menjadi bahasa resmi di bidang pemerintahan. Larangan pemakaian bahasa Belanda yang dilakukan oleh pemerintah Jepang sangat keras, sehingga boleh dikatakan di semua toko, rumah makan, perusahaan, perkumpulan dan lain-lainnya papan nama atau papan iklan yang Berbahasa Belanda diganti dengan yang berbahasa Indonesia atau berbahasa Jepang.

c. Film atau gambar-gambar yang memakai bahasa Belanda dilarang beredar. Sedangkan mengenai penggunaan bahasa Jepang boleh digunakan dimana saja baik di sekolah-sekolah maupun dalam pergaulan sehari-hari, hal ini sangat berbeda dengan pemerintahan Hindia Belanda, dimana bahasa Belanda hanya diberikan pada sekolah-sekolah tertentu dan tidak semua orang Indonesia diizinkan memakai bahasa Belanda terhadap orang Belanda. Bahkan pemerintah pendudukan Jepang melakukan langkah-langkah untuk pemakaian bahasa Jepang untuk menggantikan bahasa Belanda diantaranya :

  • Semua sekolah yang dibuka kembali oleh Jepang, diberi mata pelajaran bahasa Jepang.
  • Terdapat sekolah-sekolah khusus untuk pengajaran bahasa Jepang.
  • Pelajaran bahasa Jepang juga disiarkan melalui radio-radio pemerintah pendudukan Jepang.
  • Jepang juga menerbitkan Kana Jawa Shinbun, yang memakai bahasa Jepang dengan mempergunakan huruf katakana. Disebutkan bahwa tujuan utama daripada surat kabar itu adalah untuk menyebarluaskan bahasa Jepang dan meningkatkan pengetahuan membaca dan menulis bagi rakyat Jawa.
  • Jepang mendatangkan beratus-ratus orang guru bahasa Jepang ke Asia Tenggara, termasuk ke Indonesia, untuk mengajar ke Jepang. Sebaliknya orang Jepang mempelajari bahasa Indonesia secukupnya untuk berkomunikasi langsung dengan orang Indonesia, dan dengan pengetahuan bahasa yang minim itu, mereka dapat menjelajah sampai ke pelosok-pelosok Indonesia.

Pelajari Lebih Lanjut

  1. Materi tentang dampak penjajahan jepang brainly.co.id/tugas/13243647
  2. Materi tentang perubahan aspek budaya pada penjajahan jepang brainly.co.id/tugas/2732262
  3. Materi tentang  kebijakan jepang di bidang sosial budaya brainly.co.id/tugas/4743467

—————————-

Detil Jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sejarah

Bab:
4

Kode: 11.3.4

Kata Kunci: pusat kebudayaan, keimin bupka sidhoso, pendudukan jepang

Gambar Jawaban