07

Posted on

Activity 2: Using Articles
Nilai
Complete the following sentences with a, an, or the!
1. This is
ruler. This is Andy's ruler.
2. This is
cupboard. There are many books in it.
3. There is umbrella behind the door. _umbrella belongs to Riana.
4. There is clock above the blackboard.
clock is new.
5. There is e raser on the table.
eraser is dirty.​

07

1. This is a ruler. This is Andy's ruler.

2. This is a cupboard. There are many books in it.

3. There is an umbrella behind the door. The umbrella belongs to Riana.

4. There is a clock above the blackboard.

The clock is new.

5. There is an eraser on the table.

The eraser is dirty.

Penjelasan:

Maksud dari penggunaan a/an sama saja, tetapi hal yang membedakannya adalah cara mengucapkan kata-kata tersebut. Jika huruf pertama diucapkan dengan huruf konsonan, maka kita gunakan a, tapi jika huruf pertama diucapkan dengan huruf vokal, maka kita gunakan an.

Contoh:

Book -> A book

Apple -> An apple

Unicorn -> A unicorn (walaupun huruf pertamanya merupakan huruf vokal, tetapi kita mengucapkannya "yu-ni-korn" (terdengar seperti y diucapkan duluan), maka dari itu kita gunakan a)

Hour -> An hour (walaupun huruf pertamanya merupakan huruf konsonan, tetapi kita tidak mengucapkan huruf h-nya (silent letter) sehingga yang disebutkan duluan adalah huruf vokal, maka dari itu kita gunakan an)

Sekarang bedanya penggunaan a/an dengan the. A/an digunakan jika kita belum pernah menyebutkan benda tsb, tetapi the digunakan jika benda tsb sudah disebutkan sebelumnya.

Contoh:

I found a book on the floor. (Saya menemukan sebuah buku di lantai.) -> Kita belum pernah menyebutkan secara spesifik buku tsb, maka kita gunakan a

I found Gaby's book on the floor. The book is very heavy. (Saya menemukan buku Gaby di lantai. Buku itu sangat berat.) -> Karena sudah disebutkan buku itu (milik Gaby), maka kita menggunakan the

Semoga informasi ini dapat membantu ^-^