Sebutkan 5 langkah penyajian teks eksposisi​

Posted on

Sebutkan 5 langkah penyajian teks eksposisi​

Jawaban:

asdasfsdgrety eydvfdvfgvgghg

Penjelasan:

vgbnrt4476ughfgdfdfdf

Jawaban:

1. Menentukan tema

2. Menentukan tujuan karangan

3. Memilih data yang sesuai dengan tema

4. Membuat kerangka karangan

5. Mengembangkan kerangka menjadi karangan

Penjelasan:

– Menentukan Topik/Tema

Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema. Dengan menentukan tema, pada saat menulis kita akan lebih terarah dalam menyelesaikan tulisan kita. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai berikut:

– Menentukan Tujuan karangan

Setelah menentukan topik yang akan dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nantinya akan memberikan penjelasan dan pemahaman kepada pembaca.

– Memilih Data yang Sesuai dengan Tema

Setelah menentukan tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengumpulkan data atau bahan yang diperlukan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan dapat diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.

– Membuat Kerangka Karangan

Sebelum mulai menyusun karangan eksposisi, hal yang perlu disusun terlebih dahulu adalah membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis. Dengan adanya kerangka karangan memudahkan kamu dalam mengembangkan pembahasan sesuai dengan batasan-batasan kerangka karangan yang sudah dibuat.

– Mengembangkan kerangka menjadi karangan

secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, objektif, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menjelaskan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.

(boleh jg tambahkan kesimpulan)

– Membuat Kesimpulan

Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.

Semoga membantu;)