Realibilitas artinya

Posted on

Realibilitas artinya

Validitas adalah ketepatan alat ukur dalam sebuah tes untuk mengukur sebuah benda sekaligus dalam melihat dan membuat hipotesis atau dugaan yang terjadi pada objek tes ke depannya. Reliabilitas adalah hasil konsisten dari sebuah tes secara berulang, sebagai sebuah bukti ketepatan hasil tes walau tes tersebut diulang-ulang akan menghasilkan hasil sama.  

Pembahasan

A. Validitas

Jenis Jenis Validitas

  • Validitas Tampak  

Validitas tampak adalah validitas yang dinilai dari penampilan fisik atau luar sebuah objek.  

Contoh: Seseorang mengaku sebagai dokter. Kita melihat orang tersebut mengenakan baju dokter, maka kita dapat menerima bahwa orang itu adalah dokter.

  • Validitas Konstruk  

Validitas konstruk adalah validitas untuk melihat kebenaran sebuah objek yang dinilai, bukan objek lain.

Contoh: Seorang guru bahasa Indonesia, banyak menggunakan perumpamaan dengan bahasa Inggris, sehingga pemfokusan siswa bukan ke bahasa Indonesia tapi bahasa Inggris..

  • Validitas Kriteria

Validitas kriteria adalah validitas yang terlihat dari hipotesis atau dugaan yang terjadi pada benda kedepannya.

Contoh : Apabila nilai rapor siswa tinggi, maka dapat diyakininilai UNBK siswa juga akan tinggi seperti nilai rapor.

  • Validitas Isi

Validitas isi adalah validitas yang menilai dari segi cakupan tes di segala aspek. Untuk mengetahui bagaimana hasil dari tes.

Contoh : Gejala virus corona yang utama adalah batuk kering, demam tinggi dan sesak napas. Jika tidak ada gejala itu maka validitas positif corona rendah.

B. Reliabilitas


Jenis Jenis Reliabiltas

  • Reliabiltas Tes Berulang

Reliabiltas tes berulang adalah reliabilitas yang diukur dari hasil tes yang dilakuka secara berulang-ulang.  

Contoh : Sebuah ulangan harian diberikan kepada siswa. Setelah satu bulan, kemballi diberi tugas menggunakan soal ulangan tersebut. Apabila skor sama atau meningkat maka reliabilitasnya tinggi.

  • Reliabilitas Antar Penilai

Reliabilitas antar penilai adalah reliabilitas yang melihat hasil dari pengamatan dua pengamat berbeda. Sebab, pengamat satu dan pengamat lain pasti memiliki kriteria sendiri dalam menilai sebuah tes.

Contoh : Terdapat dua orang hakim yang akan memutuskan keputusan terhadap sebuah kasus. Hakim A dan hakim B pasti memiliki perbedaan pendapat tentang kriteria atau hukuman terhadap kasus tersebut.

  • Reliabilitas Konsistensi Internal

Reliabilitas konsistensi internal adalah pengukuran reliabilitas yang melihat pada kekurangan dan kelebihan tes pada sebuah objek.

================================

Pelajari Lebih Lanjut

Detil Jawaban

Mapel:  Wirausaha


Kelas : 5 sd

 Materi : Arti dari rehabilitas

 Kata Kunci : Validitas, Reliabilitas, Pengukuran

Reliabilitas adalah sejauh mana pengukuran dari suatu tes tetap konsisten setelah dilakukan berulang-ulang terhadap subjek dan dalam kondisi yang sama.