1.

Posted on

Perhatikan gambar berikut
Makhluk hidup yang memiliki simbiosis yang sama dengan gambar
adalah
A. tanaman sirih dengan tanaman inang
B. semut rangrang dengan pohon mang
C. raflesia dengan tanaman inang
D. ikan pari dengan ikan memora​

1.

1.

Jawaban Terkonfirmasi

Makhluk hidup yang memiliki simbiosis yang sama dengan gambar adalah

C. raflesia dengan tanaman inang

Pembahasan:

Hubungan atau simbiosis dapat menjadi beberapa jenis, bergantung dari apakah hubungan ini menguntungkan atau merugikan bagi organisme terlibat.

Dalam gambar ini terlihat seekor nyamuk menghisap darah dari manusia. Ini merupakan contoh simbiosis parasitisme, yaitu hubungan antar organisme dimana satu organisme mendapat untung, namun spesies lain mendapat kerugian, bahkan kematian.

Cotoh sejenis adalah pada raflesia dengan tanaman inang. Raflesia adalah tanaman parasit, yang tidak memiliki daun untuk melakukan fotosintesis untuk menghasilkan makanan. Sebaliknya, raflesia mendapat makanan dengan menghisapnya dari tanaman inang, sehingga menyebabkan kerugian pada inang ini.

Simbosis parasitisme berbeda dengan simbosis mutualisme (hubungan antar organisme di mana kedua organisme yang berinteraksi saling diuntungkan) dan simbiosis komensalisme (hubungan antar organisme dimana satu organisme untung, namun organisme lain tidak dirugikan).

Contoh simbosis mutualisme adalah kerbau dan burung pipit. Kerbau diuntungkan karena kutu yang mengganggu dimakan burung pipit, dan burung pipit mendapat sumber makanan.

Contoh simbosis komensalisme dalam soal ini adalah tanaman paku ekor kuda dengan tanaman inang. Tanaman sirih menempel sehingga mendapat tempat tinggi untuk memperoleh air hujan dan sinar matahari, sementara tanaman inang tidak dirugikan sebab sirih tidak mengambil makanan darinya.

Pelajari lebih lanjut hubungan yang terjadi antara lebah dan bunga di: brainly.co.id/tugas/898896

Pelajari lebih lanjut interaksi antara pemangsa dan hewan yang dimangsa di: brainly.co.id/tugas/751042

Pelajari lebih lanjut jenis simbiosis yang berbentuk kompetisi di: brainly.co.id/tugas/26194491

———————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 7.4.8  

Kelas: VII  

Mata Pelajaran: Biologi      

Materi: Bab 8 – Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan