Jika diketahui nomor atom X adalah 5 dan atom Y dengan nomor atom 9 dan terbentuk senyawa dengan XY3, bentuk molekul dan kepolarannya adalah…

Posted on

Jika diketahui nomor atom X adalah 5 dan atom Y dengan nomor atom 9 dan terbentuk senyawa dengan XY3, bentuk molekul dan kepolarannya adalah…

Jawaban Terkonfirmasi

Suatu senyawa XY3 terbentuk dari unsur X dan Y yang masing-masing memiliki nomor atom 5 dan 9. pola ikatan yang terbentuk didasarkan pada konfigurasi elektron masing-masing unsur. Berikut ini adalah konfigurasi elektron unsur X dan Y :

X : 2  3

Y : 2  7

Unsur X merupakan unsur golongan IIIA (elektron valensi 2) pada periode 2. Sedangkan unsur Y merupakan unsur golongan VIIA (elektron valensi 7) pada periode 2. Senyawa XY3 terbentuk dengan ikatan ionik dimana 1 atom X menyumbangkan ketiga elektron valensinya dengan 3 atom unsur Y. Ikatan terbentuk dari ikatan tunggal. Senyawa XY3 berbentuk Trigonal Planar. Pasangan elektron ikatan akan cenderun tertarik mendekat ke atom unsur Y karena unsu Y memiliki kelektronegatifan lebih besar di banding unsur X. Karena kelektronegatifan berkurang dari kanan ke kiri dalam satu periode.

Pembahasan

Unsur-unsur di alam sebagian tercipta dalam keadaan stabil dan sebagian yang lain dalam kondisi tidak stabil. Unsur-unsur gas mulia bersifat stabil karena memiliki konfigurasi elektron penuh yaitu dengan elektron valensi berjumlah 2 (kaidah duplet) atau 8 (kaidah oktet). Oleh karena itu, unsur-unsur yang tidak stabil akan berusaha mencapai kestabilan seperti konfigurasi gas mulia dengan berikatan satu-sama lain membentuk senyawa.

Senyawa kimia yang terbentuk berdasarkan ikatan kimia memiliki geometri molekul sebagai berikut :

  • Linear, atom-atom terhubung membentuk satu garis lurus dengan sudut ikatan 180. Contoh Karbon dioksda (CO2).
  • Trigonal planar, molekul berbentuk segitiga sama sisi dengan sudut ikatan 120. Contohnya adalah molekul BF3
  • Bengkok, molekul memiliki sudut ikatan tidak sama dengan 180 misalnya molekul air (H2O).
  • Tetrahedral molekul memiliki empat sisi muka dengan sudut ikatan 109. contohnya adalah CH4.
  • Oktahedral, molekul memiliki delapan sisi muka dengan sudut ikatan 90. Contohnya adalah SF6 .
  • Piramida, molekul memiliki bentuk menyerupai piramida. Contohnya adalah molekul NH3.

Pelajari lebih lanjut

Detail tambahan

Kelas : X SMA

Mapel : Kimia

Materi : Ikatan Kimia

Kode : 10.7.4

Kata Kunci : Geometri molekul, sudut ikatan, ikatan kimia