Jelaskan 2 dampak positif mobilitas sosial (dijelaskan bukan hanya disebutkan) terimakasih:)

Posted on

Jelaskan 2 dampak positif mobilitas sosial (dijelaskan bukan hanya disebutkan) terimakasih:)

Dampak positif mobilitas sosial

a. Penyesuaian :Jika penyesuaian dapat dilakukan maka akan terhindar dari konflik yang berkepanjangan, keteraturan tercipta, dan masyarakat mendapatkan ketenangan dalam menjalankan aktivitasnya.

b. Orang-orang akan berusaha untuk maju karena adanya kesempatan pindah strata.

c. Mobilitas sosial akan lebih mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik.

Dampak negatif mobilitas sosial

a. Konflik antar kelas

Dalam mobilitas sosial, konflik antarkelas sosial tampak jika ada seseorang yang masuk ke dalam kelas sosial tertentu tetapi mendapat penolakan dari masyarakat sekitar.

b. Konflik antarkelompok sosial

Konflik yang terjadi pada kelompok-kelompok sosial dapat kita amati dari adanya persaingan antarkelompok sosial untuk berebut kekuasaan.

c. Konflik antargenerasi

konflik antargenerasi terjadi antara generasi tua yang mempertahankan nilai-nilai lama dan generasi muda yang ingin mengadakan perubahan.

1. Memotivasi seseorang untuk lebih maju
Adanya peluang untuk melakukan mobilitas sosial ke atas dapat memotivasi seseorang untuk terus meningkatkan kualitas diri agar dapat mencapai status sosial yang lebih tinggi.

2. Mempercepat tingkat perubahan sosial
Mobilitas mendorong seseirang untuk mengubah pola perilakunya. Perubahan perilaku tersebut akan memotivasi terjadinya perubahan sosial pada individu dalam masyarakat untuk mecapai tujuan hidupnya.

3. Meningkatkan integrasi sosial
Ketika seseorang melakukan mobilitas sosial maka akan memasuki kolompok sosial baru yang akan membuat seseorang melakukan penyesuaian terhadap norma dan nilai nila yang berlaku.