Contoh pidato singkat tentang hari kemerdekaan untuk anak sd

Posted on

Contoh pidato singkat tentang hari kemerdekaan untuk anak sd

Jawaban Terkonfirmasi

Pidato adalah salah satu cara menyampaikan pemikiran di hadapan masyarakat umum. Sebuah pidato yang baik harus mampu menyajikan manfaat bagi para pendengarnya. Selain itu, setiap pidato harus terbebas dari unsur ujaran kebencian, berita bohong, provokasi, hingga isu yang dapat menyinggung SARA.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan contoh pidato singkat tentang hari kemerdekaan untuk anak SD. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

CONTOH PIDATO

Selamat pagi, bapak dan ibu guru, serta teman-teman sekalian. Pada kesempatan ini, marilah kita mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada kita hingga saat ini.

Terlebih, marilah kita mengucap syukur atas rahmat kemerdekaan yang bisa kita nikmati hingga saat ini. Kemerdekaan adalah hak asasi setiap insan, namun dibutuhkan perjuangan yang keras untuk memperolehnya.

Puluhan tahun telah kita nikmati kemerdekaan kita, namun kita sebenarnya belum benar-benar merdeka. Buktinya, masih banyak dari antara kita yang masih terjajah oleh bahasa asing. Kita lebih memilih untuk menggunakan bahasa asing daripada bangga dengan bahasa Indonesia kita sendiri.

Oleh karena itu, saya mengajak pada hari kemerdekaan ini, agar kita semua berangkat dan berjuang untuk merdeka setidaknya dari segi bahasa. Mari kita gunakan, cintai, dan banggakan bahasa Indonesia kita agar tidak hilang suatu saat nanti.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan saat ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang pidato:

brainly.co.id/tugas/21867045

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 10 – Pidato

Kode kategori: 7.1.10

Kata kunci: pidato kemerdekaan untuk anak SD