1. Lalat buah mata merah jantan disilangkan dengan lalat buah betina mata merah, bagaimana persentase keturunannya?

Posted on

2. Lalat buah betina warna mata merah heterozigot disilangkan dengan lalat buah jantan mata putih , cari rasio fenotipenya!

1. Lalat buah mata merah jantan disilangkan dengan lalat buah betina mata merah, bagaimana persentase keturunannya?

Jawaban Terkonfirmasi

Pautan sek merupakan keadaan dimana terdapat banyak gen yang terdapat pada kromosom sek. Adanya pautan sek menyebabkan suatu sifat muncul hanya pada jenis kelamin tertentu. Ada dua jenis pautan sek yaitu pautan pada kromosom X dan pautan pada koromosom Y.

Pembahasan

Pautan sek terjadi pada persilangan antara lalat Drosophilla melanogaster bermata merah dan putih. Contoh pautan sek sebagai berikut:

1. Lalat buah mata merah jantan disilangkan dengan lalat buah betina mata merah, maka persentase keturunannya sebagai berikut:

Parental: jantan mata merah  x  betina mata merah

Genotip:  XM Y  x  XMXM

Gamet: XM dan  Y  x  XM dan XM

Filial:

2 XMXM =  jantan mata merah  

1 XMY = jantan mata merah

Dari persilangan di atas dihasilkan jantan mata merah dan betina mata merah.

2. Lalat buah betina warna mata merah heterozigot disilangkan dengan lalat buah jantan mata putih. Maka rasio fenotipnya dapat dilihat pada persilangan berikut:

Parental: betina mata merah (heterozigot)  x  jantan mata putih  

Genotip:  XMXm  x  XmY

Gamet: XM dan Xm  x  Xm dan Y

Filial:

XMXm = betina mata merah

XMY =  jantan mata merah

XmXm = betina mata putih

XmY =  jantan mata putih

Dari persilangan di atas maka rasio fenotip tersebut adalah:

Betina mata merah : betina mata putih : jantan mata merah : jantan mata putih = 1 : 1 : 1: 1

Dari dua persilangan di atas diketahui bahwa gen yang menyebabkan warna mata pada lalat terdapat pada kromosom X. Mata merah disebabkan gen dominan M, dan mata putih disebabkan gen resesif m. Hasil persilangan pada induk jantan yang bermata putih mewariskan gen m pada anak betina, sedangkan induk betina yang bermata merah mewariskan gen M pada anak jantan.

Kromosom seks manusia dan beberapa hewan dibedakan menjadi kromosom X dan Y. Individu jantan memiliki kromosom XY, sedangkan individu betina memiliki kromosom XX. Dalam kromosom seks tersebut terdapat gen-gen yang mempengaruhi jenis kelamin individu.

Kromosom Y berukuran sangat kecil dan berisi gen-gen yang mempengaruhi kelamin jantan. Sedangkan kromosom X berukuran besar, selain berisi gen yang mempengaruhi kelamin juga berisi gen-gen lain yang mempengaruhi sifat tubuh. Gen-gen yang mempengaruhi sifat tubuh yang terpaut dalam kromosom seks ini disebut dengan pautan seks.

Gen-gen yang terpaut pada kromosom X memiliki pola khusus dalam pewarisannya. Laki-laki hanya memiliki satu kromosom X, hal ini menyebabkan satu gen resesif yang terdapat dalam kromosom X dapat langsung muncul sebagai sifat tubuh. Berbeda dengan wanita yang memiliki dua kromosom X, gen resesif hanya akan muncul dalam keadaan homozigot (kedua kromosom membawa gen resesif).

Sifat-sifat tubuh yang terpaut pada kromosom X antara lain buta warna, hemofilia, warna mata pada lalat buah, warna bulu kucing.

1. Buta warna

Buta warna adalah kelainan dimana seseorang kesulitan membedakan warna yang dilihat mata. Buta warna merupakan sifat yang dipengaruhi oleh gen resesif yang terpaut dalam kromosom X.  

2. Hemofilia  

Hemofila adalah kelainan yang menyebabkan darah seseorang sulit membeku karena tubuhnya tidak mampu membentuk faktor pembekuan darah. Penurunan penyakit ini diturunkan melalui kromosom X.

3. Warna mata pada lalat buah

Lalat buah (Drosophila melanogaster) normal memiliki mata berwarna merah, yang dipengaruhi oleh gen dominan yang terpaut pada kromosom X. Sedangkan alel gen tersebut, mempengaruhi warna mata putih dan bersifat resesif.

4. Warna rambut kucing

Warna bulu kucing hitam atau coklat merupakan sifat yang terpaut dalam kromosom X. Oleh karena itu kucing jantan hanya dapat berwarna hitam atau coklat saja dengan kombinasi putih. Sedangkan betina ada yang menghasilkan bulu coklat, hitam, dan putih (biasa disebut kembang telon) karena memiliki dua kromosom X. Satu kromosom X betina membawa gen warna hitam, dan kromosom X satunya dapat membawa gen coklat sehingga muncul kucing kembang telon. Sedangkan pada jantan, satu kromosom X akan berisi gen hitam saja atau coklat saja sehingga tidak mungkin muncul warna kembang telon.

Pelajari lebih lanjut

1. buta warna: brainly.co.id/tugas/17407765

2. albino: brainly.co.id/tugas/18429369

3. kriptomeri: brainly.co.id/tugas/18497573

Detil jawaban

Kelas: 12

Mapel: Biologi

Bab: Pola Hereditas

Kode: 12.4.5

Kata kunci: pola-pola hereditas, pautan, pautan sek, lalat mata merah

#semogamembantu
#salamanalis

Gambar Jawaban