Apa yang disebut teks prosedur sederhana​

Posted on

Apa yang disebut teks prosedur sederhana​

Jawaban:

Teks prosedur sederhana adalah teks prosedur yang dapat ditempuh hanya dengan dua atau tiga langkah saja, contoh: prosedur mengoperasikan setrika. Sedangkan teks prosedur kompleks adalah teks prosedur yang terdiri atas banyak langkah dan langkah-langkah tersebut berjenjang dengan sublangkah pada setiap langkahnya.

SEMOGA BERMANFAAT DAN MAAF KALO SALAH ;)

Jawaban:

Pengertian teks prosedur (procedure text) adalah tulisan yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu. Dengan adanya teks prosedur dapat diperoleh petunjuk, tahapan maupun penjelasan yang harus ditempuh sebelum melakukan sesuatu. Teks prosedur bisa disebut juga instruksi manual.

Contoh Teks Prosedur

Teks prosedur juga dapat digunakan untuk menjelaskan bagaimana melakukan aktivitas tertentu disertai peraturannya. Selain itu, teks prosedur dapat digunakan untuk menjelaskan soal sifat atau kebiasaan manusia.

Dengan adanya teks prosedur akan tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan sebelum melakukan sesuatu yang ingin sehingga tidak akan ragu-ragu dalam melakukannya.

Jenis Teks Prosedur

1. Teks prosedur kompleks yaitu teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap, jelas dan terperinci tentang cara melakukan sesuatu. Biasanya berisi banyak langkah atau tahapan yang ditulis sangat berurutan dan disertai sub-sub langkah. Contoh teks prosedur kompleks: panduan membuat jurnal, cara membuat blog, petunjuk perawatan mobil, dll.

2. Teks prosedur sederhana atau singkat yaitu teks yang hanya berisi prosedur atau petunjuk ringan karena hanya berisi dua atau tiga tahapan atau langkah saja. Contoh teks prosedur sederhana: resep membuat masakan, petunjuk pengoperasian kompor gas, cara mengajukan permohonan SIM, dll.

Ciri-ciri Teks Prosedur

Teks prosedur mempunyai sejumlah ciri dilihat dari isi, yaitu:

Berisi definisi produk atau kegiatan.

Berisi bahan atau persiapan melakukan atau membuat sesuatu.

Berisi langkah-langkah sistematis melakukan atau membuat sesuatu.

Penjelasan:

maaf kalau salah