Jelaskan peranan kelenjar eksokrin dalam proses komunikasi​

Posted on

Jelaskan peranan kelenjar eksokrin dalam proses komunikasi​

Jawaban Terkonfirmasi

Kelenjar kesokrin dapat berperan dalam komuniasi karena kelenjar eksokrin dapat menghasilkan enzim pencernaan yang akan disalurkan ke saluran cerna. Enzim tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, enzim lipase untuk menguraikan lemak, kemotripsin dan tripsin untuk mencerna protein, serta amilase untuk menguraikan karbohidrat.

Pembahasan

Hormon dapat dkatakan sebagai suatu pesan dalam bentuk kimia. Dalam aliran dara hormone akan berkomunikasi dengan tubuh dan menuju sel target mereka untuk membawa pesan dan nantinya akan terjadi perubahan akibat dari metabolism ke sel target. Hormon ini juga dapat membuat perubahan pada sel-sel dari jaringan sekitarnya.  

Kelenjar eksokrin

Kelenjar eksokrin merupakan kelenjar yang mengeluarkan produknya melalui suatu saluran, menuju ke permukaan tubuh atau jaringan lain di dalam tubuh. Contohnya kelenjar keringan dan kelenjar saluran cerna. Selain itu kelenjar pancreas juga termasuk kelenjar eksokrin. Pancreas akan menghasilkan enzim pencernaan yang akan disalurkan ke saluran cerna. Enzim tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, enzim lipase untuk menguraikan lemak, kemotripsin dan tripsin untuk mencerna protein, serta amilase untuk menguraikan karbohidrat. Dan tentunya akan menghasilkan hormone untuk kmunikasi antar sel.

Kelenjar endokrin

kelenjar endokrin merupakan kelenjar yang menyalurkan produknya ke dalam peredaran darah. pada pankreas adalah mengeluarkan hormon, yaitu hormon insulin dan hormon glukagon. Kedua hormon ini berperan dalam mengatur kadar glukosa atau gula dalam darah.  

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang fungsi kelenjar pencernaan brainly.co.id/tugas/13538970

2. Materi tentang macam kelenjar pencernaan brainly.co.id/tugas/8102001

3. Materi tentang gambar kelenjar pencernaan brainly.co.id/tugas/10790956

———————————————-

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan fungsi sel pada pencernaan

Kode: 11.4.6

Kata kunci: kelenjar eksokrin, kelenjar endokrin.