Faktor apa sajakah yang mempengaruhi titik lebur suatu zat?

Posted on

Faktor apa sajakah yang mempengaruhi titik
lebur suatu zat?

Jawaban Terkonfirmasi

Jadi, faktor yang memengaruhi titik lebur suatu zat adalah tekanan di lingkungan sekitar zat dan tingkat kemurnian zat.

Pendahuluan :

Hai ! Kali ini saya akan bantu membahas mengenai faktor yang memengaruhi titik lebur zat. Sebelumnya, titik lebur dapat didefinisikan sebagai suhu dimana suatu benda mengalami transisi untuk mengalami perubahan wujud zat ke zat yang molekulnya lebih renggang. Sebagai contoh : es batu mencair atau air yang menguap. Titik lebur pada umumnya tetap pada suhu dan tekanan kamar (suhu kamar 20°C – 25°C).

Pembahasan :

Pada kondisi tertentu yang kurang umum, titik lebur akan dapat terpengaruhi. Berikut hal yang dapat memengaruhi titik lebur suatu zat :

Tekanan di lingkungan sekitar zat

Pada benda fluida (cair dan gas), molekul akan bebas. Tekanan akan sangat memengaruhi laju tumbukan dan perubahan momentum. Laju tumbukan yang besar menyebabkan benda mudah panas dan meleleh. Pada benda padat, tekanan hanya sedikit berpengaruh. Intinya, di dalam lingkungan yang bertekanan besar, nilai titik leleh akan semakin rendah (benda lebih cepat panas dan meleleh). Contoh : Ketika kita ingin lebih cepat mencairkan es batu, es batu dapat ditusuk-tusuk dengan paku atau jarum.

Tingkat kemurnian zat

Tingkat kemurnian zat ini adalah bagaimana suatu zat dicampur dengan zat lain. Jika suatu zat dicampur dengan zat yang titik lelehnya lebih rendah, maka titik leleh zat tersebut lebih rendah daripada zat murninya, begitupun sebaliknya. Contoh : emas murni 24 karat memiliki titik leleh (lebur) lebih tinggi daripada emas campuran 18 karat.

Pelajari Lebih Lanjut :

Detail Jawaban :

Kelas : 11

Mata Pelajaran : Fisika

Materi : Bab 5 – Suhu dan Kalor

Kata Kunci : kalor lebur; faktor yang memengaruhi kalor lebur.

Kode Kategorisasi : 11.6.5

#SolusiBrainly