Otak kita dilindungi oleh?​

Posted on

Otak kita dilindungi oleh?​

Jawaban Terkonfirmasi

Otak sendiri merupakan salah satu organ yang fungsinya sangat vital bagi manusia. Otak terdiri atas beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing, setiap bagian otak ini mempunyai tugas tertentu yang memengaruhi sistem kerja berbagai organ tubuh. Organ ini tersusun dari sejumlah jaringan pendukung serta miliaran sel saraf yang saling terhubung.

Pembahasan

Otak sendiri dilindungi oleh lapisan pembungkus yang disebut dengan selaput otak atau meninges dan tulang tengkorak, serta terhubung ke saraf tulang belakang. Bersama saraf tulang belakang, otak berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat atau bisa disingkat dengan SSP. Sistem saraf inilah yang kemudian bekerja sama dengan sistem saraf tepi untuk memberi kemampuan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berbicara, bernapas, hingga makan dan minum.

Otak mempunyai 3 bagian utama, yakni otak besar atau cerebrum, otak kecil atau cerebellum, dan batang otak atau brainstem.  

Selain ketiga struktur utama tersebut, terdapat bagian-bagian otak lainnya yang tidak kalah penting, seperti : Cairan serebrospinal, Meninges, Corpus Callosum, Talamus,  Hipotalamus, Kelenjar pituitari atau kelenjar hipofisis, Ventrikel, Kelenjar pineal, Saraf kranial, dan Sistem limbik.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang Bagian otak yang berfungsi untuk mengendalikan keharmonisan kerja anggota tubuh adalah brainly.co.id/tugas/22800303

2. Materi tentang Penyakit otak selain kangker otak dan tumor otak brainly.co.id/tugas/2791997

3. Materi tentang Jelaskan tentang otak kiri dan otak kanan? brainly.co.id/tugas/10028922

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: Biologi

Bab: Bab 1 – Rangka dan Otot Manusia

Kode: 9.4.1

#AyoBelajar