Mengapa kelelawar tidur disiang hari dan memggantung?

Posted on

Mengapa kelelawar tidur disiang hari dan memggantung?

Karena kelelawar merupakan hewan nokturnal (aktive di malam hari)

Ketika kelelawar bergantungan dengan posisi terbalik, mereka akan lebih mudah untuk lepas landas pada saat mereka hendak terbang. Berbeda halnya dengan burung, kelelawar tidak bisa terbang secara langsung ke udara dari tanah. Hal tersebut disebabkan karena sayap kelelawar tidak bisa menghasilkan tenaga yang cukup untuk mengangkut tubuh mereka saat hendak lepas landas. Ketika mereka tidur bergelantungan dengan posisi terbalik di tempat tinggi dan mereka rasa cukup aman, mereka akan siap untuk memulai penerbangan kapan pun juga ketika mereka harus pergi melarikan diri dari tempat peristirahatan mereka.

Selain itu, alasan lain mengapa kelelawar selalu bergelantungan terbalik yaitu karena itu merupakan cara terbaik bagi mereka untuk terhindar dari pemangsa. Pada siang hari, ketika burung pemangsa atau predator lainnya bergerak aktif, maka kelelawar akan berlindung di tempat yang paling sulit dan tidak bisa dicapai oleh predator yang akan memangsa mereka. Sehingga hal tersebut memungkinkan membuat mereka aman dari serangan para predator sampai saatnya malam tiba. Tidak hanya itu saja, tidur bergelantungan juga merupakan salah satu bentuk adaptasi fisiologis dari kelelawar yang sangat unik. Mengapa seperti itu? ya kerana dengan bergelantungan terbalik mereka tidak perlu mengeluarkan energi sedikit pun. Karena dengan begitu mereka hanya akan mengerahkan energinya untuk melepaskan cengkramannya sendiri, dengan menarik otot-otot ketika hendak menarik cakar terbuka. Ketika menggantung dengan posisi terbalik, kelelawar akan terbang ke posisi bertengger yang meraka inginkan, setelah itu mereka akan membuka cakarnya untuk menemuka permukaan yang bisa digenggam.

Berat tubuh kelelawar bagian atas akan menarik tendon, dimana tendon tersebut terhubung dengan cakar bawah sehingga menyebabkan cakar mengepal serta menggenggam tempat mereka bertengger. Maka dari itulah, kelelawar tidak perlu melakukan apapun lagi untuk menggantung terbalik.