Kupu kupu bernafas menggunakan?

Posted on

Kupu kupu bernafas menggunakan?

Jawaban Terkonfirmasi

Kupu kupu bernafas menggunakan … trakea

Pembahasan:

Kupu-kupu merupakan kelompok hewan dari Ordo Lepidoptera, kelas Insecta (Serangga) dan dari filum Arthropoda (hewan bertubuh ruas).

Arthropoda atau hewan beruas, termasuk kupu-kupu, tidak memiliki paru-paru, juga tidak mengangkut oksigen melalui sistem peredaran darah mereka.  

Sebagai gantinya, sistem pernapasan Arthropoda bergantung pada sistem pertukaran gas sederhana menggunakan trakea, untuk menyediakan hewan ini dengan oksigen dan mengeluarkan limbah karbon dioksida dari dalam tubuh.

Udara memasuki sistem pernapasan trakea pada Arthropoda melalui serangkaian lubang eksternal yang disebut spirakel. Lubang eksternal ini mengarahkan udara ke sistem saluran pernapasan internal, yaitu rangkaian saluran yang disebut dengan trakea.

Sistem pernapasan dengan menggunakan trakea bertindak seperti spons yang menyerap udara dari sekitarnya. Spirakel memungkinkan udara masuk ke dalam sistem trakea yang mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Karbon dioksida, sebagai limbah metabolik, keluar dari tubuh melalui spirakel.

Anthropoda bisa mengendalikan respirasi sampai tingkat tertentu. Anthropoda bisa membuka dan menutup spirakelnya dengan menggunakan kontraksi otot. Spirakel bisa dibuka dan ditutup untuk mengurangi kehilangan air. Hal ini dilakukan dengan merapatkan otot yang mengelilingi spirakel. Agar spirakel bisa terbuka, otot ini akan direnggangkan.

Pelajari lebih lanjut:

1. Buaya bernafas menggunakan?

brainly.co.id/tugas/5197148

2. Pada manusia susunan pernapasan berurutan dari luar kedalam adalah?

brainly.co.id/tugas/22473261

Detail jawaban:  

Kode: 10.4.9    

Kelas: X    

Mata pelajaran: Biologi      

Materi: Bab 9 – Animalia

Kata kunci: Kupu-Kupu, Trakea