Apa dampak kenaikan suku bunga bank apabila tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat?

Posted on

Plis bantuannya

Apa dampak kenaikan suku bunga bank apabila tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat?

Jawaban Terkonfirmasi

Dampak kenaikan suku bunga bank apabila tidak sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat akan menyebabkan kesulitan bagi masyarakat khususnya golongan ekonomi menengah ke bawah. Karena inflasi yang menyebabkan kenaikan harga barang khususnya bahan pokok akan membuat masyarakat yang memiliki penghasilan seadanya semakin susah. Selain itu, suku bunga bank yang naik akan membuat jumlah uang beredar di masyarakat berkurang karena masyarakat akan lebih memasukkan uangnya di bank. Jika jumlah uang beredar sedikit maka akan terjadi kelesuan roda ekonomi yang berjalan di masyarakat sehingga akan tercipta stagnasi ekonomi.

Pembahasan

Dalam ilmu ekonomi makro, istilah inflasi sudah tidak asing lagi karena menjadi salah satu unsur penting bagi perekonomian suatu negara. Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa dalam jangka waktu secara terus menerus. Secara umum, inflasi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Tingginya permintaan barang dan jasa sedangkan persediaan terbatas.
  2. Kenaikan biaya produksi dalam periode waktu tertentu.
  3. Jumlah uang beredar sangat besar.
  4. Instabilitas ekonomi dan politik nasional.
  5. Kebijakan pemerintah seperti utang, pajak, dan kebijakan mencetak rupiah.
  6. Faktor eksternal yang berasal dari luar negeri.

Inflasi tidak selalu menggambarkan kondisi perekonomian yang buruk, ada beberapa manfaat saat terjadinya inflasi, seperti:

  1. Penyesuaian gaji dan harga relatif, namun hanya jika inflasi berada di tingkat yang menengah.
  2. Beberapa pengusaha diuntungkan jika pendapatan lebih besar dari biaya produksi yang meningkat.
  3. Orang yang berhutang di bank akan diuntungkan karena adanya peningkatan suku bunga yang akan membuat nilai uang menjadi turun.

Karena beberapa hal tersebut, pemerintah melalui Kebijakan Bank Sentral memiliki wewenang untuk mengeluarkan instrumen kebijakan moneter untuk menstabilkan nilai rupiah akibat inflasi atau deflasi seperti:

  1. Kebijakan Moneter Diskonto adalah kebijakan menaikkan atau mengurangi suku bunga untuk tujuan menambah atau mengurangi jumlah uang beredar.
  2. Kebijakan Operasi Pasar Terbuka adalah kebijakan mengatur jumlah uang beredar dengan penjualan atau pembelian instrumen investasi di pasar modal seperti Surat Berharga Negara.
  3. Kebijakan Cadangan Kas adalah aturan dari bank sentral untuk sektor perbankan agar menetapkan batas minimum uang yang harus dicadangkan dan tidak bisa disalurkan untuk kredit.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang sisi apa saja yang dapat terdampak jika terjadi gejolak interest rate pada pasar uang brainly.co.id/tugas/20932825
  2. Materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat suku bunga brainly.co.id/tugas/15319720
  3. Materi tentang hubungan antara suku bunga pinjaman, suku bunga tabungan dengan pendapatan brainly.co.id/tugas/26169160

—————————————————-

Detail Jawaban

Kelas   : 11 SMA

Mapel  : Ekonomi

Bab      : Indeks Harga dan Inflasi

Kode    : 11.12.4

#AyoBelajar