Bunga melati semerbak nan wanginya Terlihat mekar berseri di dalam taman Hilanhkanlah congkakdan iri hati Agar banyaktaman hidup pun nyaman Pesan dalam pantun diatas adalah???

Posted on

Bunga melati semerbak nan wanginya Terlihat mekar berseri di dalam taman Hilanhkanlah congkakdan iri hati Agar banyaktaman hidup pun nyaman Pesan dalam pantun diatas adalah???

Jawaban Terkonfirmasi

Amanat yang dilantunkan adalah bahwa manusia senantiasa menghindari segala jenis penyakit hati [iri, dengki, marah, emosional, takabbur, taqtir], yang mana ini ini semua akan mengganggu ketenangan pikiran, memperburuk keadaan diri dan merugikan orang lain.

PEMBAHASAN

Pantun adalah salah satu jenis karya sastra lawas yang masih terikat dalam kekhasan gaya penulisan, baik dari jumlah suku kata, jumlah larik dalam stanza dan iramanya. Adapun peraturan terikat penyusunan pantun, yaitu :

1) Pantun tersusun dalam empat larik

2) Pantun tersusun dalam pola rima silang, A-B-A-B

3) Pantun tersusun oleh suku kata berkisar delapan hingga dua belas suku kata dalam satu baris. Pada umumnya tersusun hanya empat kata dalam satu larik.

4) Bagian larik pertama dan kedua merupakan sampiran. Sedangkan, bagian larik ketiga dan keempat merupakan pernyataan isi.

Pantun disajikan dalam berbagai tema jika didasarkan pada isinya, mulai dari pantun perkenalan, nasihat, jenaka, agama, teka-teki, budi pekerti dan sebagainya.

BERDASAR SOAL YG DITANYA

/Bunga melati semerbak nan wangi/ (a)

/burung puyuh diatas dahan/ (b)

/Hiilangkanlah congkak dan iri hati/ (a)

/Agar banyak teman hidup pun nyaman/ (b)

Disimpulkan bahwa,

1) Jika dicermati pada larik ke-3 dan ke-4 adalah bagian isi, pesan, nasihat kehidupan.

2) Amanat yang dilantunkan adalah bahwa manusia senantiasa menghindari segala jenis penyakit hati [iri, dengki, marah, emosional, takabbur, taqtir], yang mana ini ini semua akan mengganggu ketenangan pikiran, memperburuk keadaan diri dan merugikan orang lain.

=================

Pelajari lebih lanjut

Puisi lama

brainly.co.id/tugas/27044529

brainly.co.id/tugas/27276678

Pantun teka-teki

brainly.co.id/tugas/27379530

Pantun berbalas

brainly.co.id/tugas/8255184

===================

Details

Kelas : VIII

Mapel : B. Indonesia

Bab : Sastra, Puisi Rakyat

Kategorisasi : 8.1.1

Kata Kunci : Puisi Rakyat, Pantun