Sebutkan bagian bagian beserta fungsinya pada sel tumbuhan dan hewan

Posted on

Sebutkan bagian bagian beserta fungsinya pada sel tumbuhan dan hewan

SEL TUMBUHAN

1.  Sel parenkim

adalah sel yang memiliki beberapa fungsi mulai dari penyimpanan, dukungan terhadap fotosintesis, tempat berikatnya floem.

2. Sel kolenkim

hidup saat sudah dewasa dan hanya memiliki sebuah dinding primer. Sel-sel ini sudah matang dan berasal dari meristem yang awalnya menyerupai sel parenkim.

3. Sel sklerenkim

adalah sel yang keras dan tangguh yang memberikan kekuatan pada tumbuhan.

4. Sel xilem

berfungsi untuk mengangkut air dan zat hara dari tanah (akar) menuju daun untuk melakukan fotosintesis.

5. Sel floem

adalah sel yang menyusun jaringan khusus untuk transportasi zat-zat makanan pada tumbuhan tingkat tinggi. Yang di transportasikan terutama sukrosa.

6. Sel epidermis  adalah sel parenkim khusus yang terdapat di seluruh permukaan daun, batang, dan akar.

SEL HEWAN

1. Kompelks Golgi

berfungsi untuk alat pengeluaran energy dan lendir.

2. Retikulum Endoplasma

Terbagi 2 yaitu,

-Retikulum Endoplasma kasar yang dipenuhi oleh Ribosom dimana dia berfungsi unruk menyintesis protein.

– Retikulum Endoplasma halus dan tidak mengandung Ribosom. Retikulum Endoplasma berfungsi untuk menyintesis molekul lemak.

3. Sitoplasma

suatu cairan yang terdapat di dalam sel kecuali inti sel (nukleus). Sitoplasma terbagi menjadi 2 yaitu,bagian dalam (endoplasma) yang lebih keruh dan bagian luar (ektoplasma) yang lebih bening. Sitoplsma bersifat koloid kompleks yaitu tidak cati dan tidak padat. Jika konsentrasi air tinggi, maka koloid akan bersifat encer atau yang disebut dengan sol. Jika konsentrasi air rendah, maka koloid bersifat padat lembek atau disebut gel. Sitoplasma terdiri dari molekul-molekul kecil, molekul-molekul besar, ion-ion hidup dan organel. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan bahan kimia yang penting bagi metabolisme sel , seperti enzim-enzim, ion ion, gula, lemak dan protein. Didalam sitoplasma itulah berlangsung kegiatan pembongkaran dan penyusunan zat-zat melalui reaksi kimia. Misalnya proses pembentukan energi, sintesis asam lemak, asam amino, protein dan Nukelotida.

4. Nukleoplasma

terdiri dari asam nukleat dan kromatin.

5. Vakuola

berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Vakuola pada hewan berukuran kecil tetapi banyak sedangkan vakuola pada tumbuhan berukuran besar tetapi sedikit.

6. Inti Sel

terdiri dari 90% air,mengandung protein, vitamin, mineral dan lemak. Inti sel berfungsi untuk menjaga integritas gen-gen tersebut dan mengontrol aktivitas sel dan mengelola ekspresi gen.

7. Nukleolus

berfungsi sebagai pengatur aktivitas sel.

8. Mitokondria

penghasil energi dan berfungsi dalam respirasi.

9. Dinding sel

lapisan pelindung yang ada di bagian luar membran sel.Dinding sel hanya terdapat di sel tumuhan.

10. Kromosom

anak dari inti sel yang terdapat di dalam inti sel. Kromosom berfungsi untuk menyintesis materi genetika. Kromosom mengandung gen yang membawa sifat menurun.

11. Membran Sel

Bagian terluar protoplasma yang berfungsi mengatur transportasi zat masuk keluarnya sel.

Penjelasan: