9.Perhatikan ciri-ciri berikut:

Posted on

1)aturan yang datang dari suara hati manusia
2)bersumber pada suatu nilai kebudayaan
3) bila dilanggar malu,menyesal
ciri-ciri diatas menunjukkan norma…

A. agama
B.hukum
C.kesopanan
D.kesusilaan

9.Perhatikan ciri-ciri berikut:

Jawaban:

D. kesusilaan

Penjelasan:

Norma kesusilaan adalah norma yang berdasarkan hati nurani seseorang dalam masyarakatnya.ciri-ciri norma kesusilaan.

1. Lokal

Norma kesusilaan bersifat lokat atau tidak universal seperti halnya agama. Setiap wilayah dan masyarakatnya mempunyai beberapa norma kesusilaan independen. Di Indonesia secara kesusilaan tidak baik berteriak terhadap orang tua. Namun di masyarakat Eropa yang lebih bebas, boleh saja berteriak.

2. Hati Nurani

Norma kesusilaan bersumber pada hati nurani. Terkadang hati nurani terkalahkan oleh berbagai kepentingan. Sehingga dalam pelaksanaanya hati nurani tidak diperhatikan. Norma susila dihilangkan.

3. Tidak Abadi

Norma kesusilaan tidak bersifat abadi dan tidak universal. Norma ini tergantung pada ruang dan waktu. Berbeda dalam tiap wilayah dan masyarakatnya, berbeda pula sesuai waktunya. Hari ini pakaian yang baik adalah yang menutup semua aurat. Dahulu zaman purba orang tidak memperhatikan pakaian. Waktu menentukan norma kesusilaan berpakaian.

4. Rasa malu

Rasa malu adalah sanksi pada diri sendiri atau masyarakat ketika kita tidak melaksanakan norma kesusilaan. Malu jika salah kostum atau salah pakaian, malu berteriak-teriak di ruangan rapat, dll.

5. Penyesalan

Penyesalan adalah sanksi yang dirasakan oleh diri sendiri. Mungkin orang lain tidak melihat kalau diri melanggar norma kesusilaan. Penyesalan akan menjadi dampaknya suatu saat. Bahkan penyesalan dapat menerima sanksi yang merasa hidup.

Jawaban:

B.hukum

maaf kalo salah 🙁