1.apa yang dimaksud adaptasi morfologi? berikan tiga contoh adaptasi morfologi pada hewan.

Posted on

2.bagaimana adaptasi tubuh manusia terhadap kadar oksigen yang rendah dipegunungan?
3.bagaimana alam melakukan seleksi terhadap makhluk hidup didalamnya?
4.organisme ada yang mempunyai tingkat reproduksi tinggi dan ada yang tingkat reproduksinya rendah, jelaskan maksudnya dan berilah contoh
5.sebutkan 3perbedaan antara perkembang biakan generatif dan perkembang biakan vegetatif?

bantu Jawab buat bsk soalnya

1.apa yang dimaksud adaptasi morfologi? berikan tiga contoh adaptasi morfologi pada hewan.

1.Adaptasi morfologi : menyesuaikan bentuk tubuhnya dengan kondisi tempat tinggalnya guna mempertahankan hidupnya.contoh:A.Bentuk kaki atau cakar pada bangsa unggas berbeda²,B.bentuk paruh pada bangsa unggas berbeda²,C.
Bentuk mulut serangga dapat dibedakan menjadi 5 tipe mulut 

2.harus memiliki eritrosit yg bnyk

3.alam melakukan seleksi terhadap makhluk hidup yg ada,dengan terjadinya perubahan,baik alami maupun buatan,sehingga makhluk hidup yg bisa menyesuaikan diri akan lolos seleksi dan dapat bertahan hidup,sementara yg tdk bisa menyesuaikan diri akan punah

4.tingkat reproduksi tinggi itu mksdnya organisme tersebut bereproduksinya cepat,contohnya ayam sekali bereproduksi bisa menghasilkan 5-15 telur.tingkat reproduksinya rendah itu mksdnya organisme tersebut bereproduksinya lambat,contoh nya badak jika sekali melahirkan paling bnyk hanya 2 ekor anak.

5.1.Generatif :
-induk ada 2
-secara kawin yakni melibatkan pertemuan dua sel kelamin(jantan & betina)
-sifat individu baru(turunan) merupakan perbaduan dari sifat kedua induknya
2.VEGETATIF :
-induk ada 1
-secara tak kawin yakni individu baru berasal dari bagian tubuh induknya
-sifat individu baru sama dengan induknya

1. cara makhluk hidup menyesuaikan bentuk tubuh terhadap lingkungannya, dengan tujuan untuk bertahan hidup.
Contoh: 1. Kaktus bentuk daunnya duri karena tumbuh dan hidup di tempat kering. Kaktus memiliki akar yang panjang digunakan untuk mencari air di dalam tanah. Kaktus disebut tumbuhan Xerofit karena hidup dan tumbuh di tempat kering dan tandus.

2. Bunga teratai yang tumbuh dan hidup di air, beradaptasi dengan cara daunnya yang tipis dan lebar sehingga dapat terapung di air. Adapun tumbuhan eceng gontok yang sama seperti teratai dapat hidup di air, beradaptasi dengan cara memiliki akar banayak yang fungsinya supaya tidak terbalik saat di air. Bunga teratai dan eceng gondok disebut dengan tumbuhan Hidrofit karena hidup di air.

3. tumbuhan paku atau lumut yang tumbuh dan hidup di tempat lembab. Karena hidup di daerah yang lembab maka tumbuhan paku dan lumut disebut dengan tumbuhan Higrofit.