Mengapa ovum memiliki ukuran lebih kecil dibanding telur burung ?

Posted on

Mengapa ovum memiliki ukuran lebih kecil dibanding telur burung ?

Ovum

Ovum hanyalah gamet betina. Karena inti sel reproduksi ini hanya berisi sejumlah setengah dari kromosom seperti yang dimiliki sel biasa, ovum dianggap sebagai sel haploid.

Ova (jamak dari ovum) yang hadir pada hewan dan embryopha. Sel reproduksi wanita dari tanaman yang disebut gametofit.

Tahap awal ovum dikenal sebagai bakal biji, dan tanaman tingkat rendah tidak memiliki ovum tetapi struktur disebut asoosphera. Ovum pada hewan yang diproduksi pada gonad atau ovarium melalui proses yang disebut oogenesis.

Dalam sebagian besar spesies hewan, ovum merupakan sel terbesar dalam tubuh. Sel terbesar yang dikenal adalah ovum burung unta yang menjadi telur setelah pembuahan. Fakta paling menarik dari ovum adalah jumlah ovum yang aktif pada waktu tertentu pada wanita adalah hanya satu atau sangat sedikit dari mereka.
Oleh karena itu, setelah ejakulasi sperma saat kawin, ada jutaan sperma berjuang untuk satu-satunya ovum untuk meneruskan bahan genetik. Namun, sel telur yang dihasilkan setelah beberapa langkah menghasilkan inti haploid melalui meiosis. Produksi kuning sangat penting untuk memperkaya janin setelah pembuahan. Biasanya, mamalia hanya memiliki sejumlah kecil kuning pada ova mereka sementara reptil, ikan, burung, dan hewan lain memiliki cukup banyak kuning karena betina tidak memberi makan embrio mereka selama perkembangan embrio.

Telur

Telur adalah keadaan yang telah dibuahi dari ovum dengan bahan genetik dari gamet jantan. Bahkan, telur dapat didefinisikan sebagai wadah organik yang memfasilitasi perkembangan embrio untuk zigot. Untuk ovum dapat menjadi telur, transfer materi genetik harus berlangsung. Hanya hewan yang memiliki telur dapat mengembangkan zigot mereka; struktur fungsional yang sama pada tanaman disebut biji atau spora. Burung, reptil, amfibi, ikan, serangga, dan bahkan beberapa mamalia (monotremata) memulai kehidupan mereka sebagai telur. Telur mampu menahan berbagai kondisi lingkungan dengan cangkang eksternal yang keras dan kaku.

Namun, hanya telur yang diletakkan di air yaitu burung, reptil, dan montremata memiliki cangkang eksternal keras. Burung unta diketahui memiliki telur terbesar atau sel di antara semua hewan yang tinggal saat ini, dan yang beratnya lebih dari 1500 gram dan memiliki panjang kurang lebih satu kaki.

di atas pengertian.

perbedaan ovum dengan telur:
1. Ovum adalah gamet betina yang belum mengalami fertilisasi, sementara telur adalah keadaan sel telur yang telah dibuahi. Oleh karena itu, sel telur hanya mengandung gen ibu, tetapi telur mengandung baik gen ibu dan ayah.Bahan genetik dalam ovum adalah haploid sementara telur memiliki keadaan bahan genetik yang diploid.Ovum biasanya tidak memiliki cangkang keras, tapi telur bisa memiliki penutup eksternal seperti dalam kasus-kasus vertebrata darat.Istilah ovum ini digunakan dalam bentuk kehidupan lain selain hewan juga, sedangkan istilah telur hanya digunakan untuk merujuk pada zigot hewan yang berkembang di luar tubuh mereka.Ovum selalu ditemukan di dalam tubuh tanaman atau hewan, sedangkan telur biasanya struktur terbungkus yang diletakkan di bagian luar tubuh hewan.