Catatan tentang materi identitas individu dan identitas kelompokmohon bantuannya ya kk plisss​

Posted on

Catatan tentang materi identitas individu dan identitas kelompokmohon bantuannya ya kk plisss​

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Materi individu dan identitas kelompok adalah salah satunya terkait tentang faktor pembentuknya, berikut penjelasannya:

Faktor pembentuk identitas individu tediri dari:

  1. Faktor biologis
  2. Faktor sosialisasi
  3. Faktor geografis
  4. Faktor kebudayaan
  5. Faktor Pengalaman

Sedangkan faktor pembentuk identitas kelompok terdiri dari:

  1. Kategorisasi
  2. Identifikasi
  3. Perbandingan Sosial

Penjelasan:

Dalam proses pembentukan individu tentunya terdapat faktor-faktor pembentuknya, adapun faktor-faktornya dapat dibagi sebagai berikut:

  • Faktor Biologis

Faktor biologis tentu bisa untuk mempengaruhi perilaku kompulsif, pengendalian diri, minat, dan komunikasi seseorang. Sebagai contoh, adanya perilaku negatif yang ditunjukkan terhadap orang-orang secara fisik memiliki kekurangan atau keterbatasan. Orang-orang yang memiliki kekurangan fisik kerap kali juga mengalami diskriminasi, misalnya sulit mendapatkan pekerjaan di suatu lembaga atau instansi. Ataupun merasakan fasilitas umum yang mestinya bisa dirasakan oleh mereka.

  • Faktor Sosialisasi

Pembentukan kepribadian sebagai identitas diri juga diperoleh melalui suatu proses sosialisasi. Sosialisasi diperoleh dari seorang individu dari keluarga. Selanjutnya, sosialisasi diperoleh melalui lingkungan sekitar, sekolah, masyarakat, dan lingkungan kerja. Jadi sosialisasi seorang individu turut memberi pengaruh dalam membentuk identitas seorang individu

  • Faktor Geografis

Faktor geografis atau dikenal dengan faktor alam tentu bisa mempengaruhi kepribadian seseorang. Iklim, kenampakan alam, dan sumber daya alam menyebabkan seorang individu harus bisa menyesuaikan diri terhadap kondisi alam di mana ia berada. Contohnya saja kita tidak bisa bebas mengenakan baju bikini atau serba pendek di daerah pegunungan yang cenderung bersuhu dingin.

  • Faktor Kebudayaan

Kebudayaan adalah pengetahuan yang diwariskan secara turun-temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya. Pengetahuan juga dapat  berkaitan dengan nilai dan norma sosial masyarakat. Selanjutnya, kebudayaan berkembang menjadi cara atau jalan hidup masyarakat.

  • Faktor Pengalaman

Pengalaman juga mempunyai pengaruh besar untuk membentuk kepribadian suatu individu. Menutut paul B. Horton, pengalaman tak sekadar bertambah, akan tetapi menyatu dengan kepribadian individu.

Menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, kelompok adalah kumpulan orang yang mamiliki kesadaran bersama akan anggotaan dan saling berinteraksi. Sedangkan dalam proses pembentukan identitas kelompok dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Kategorisasi

Di dalam tahap kategorisasi, individu mengenali dan mengelompokan identitas-identitas yang berdasarkan kategori sosial seperti etnik, religi, ras, pekerjaan, dan status sosial.

  • Identifikasi

Di dalam tahap identifikasi, individu mulai mengidentifikasikan dirinya sebagai anggota suatu kelompok. Pada tahap ini identifikasi, individu memiliki dua posisi. Pertama, individu dibangun berdasarkan keanggotaan dalam suatu kelompok (social identity). Kedua, individu memandang dirinya sebagai individu yang bersifat unik (personality identity).

  • Perbandingan Sosial

Di dalam tahap perbandingan sosial, individu membuat suatu perbandingan antara dirinya dengan anggota lain dalam rangka mengevaluasi dirinya. Melalui tahapan tersebut bisa disimpulkan bahwa identitas sosial kelompok adalah ciri khas dari sebuah kelompok yang dibentuk melalui beberapa tahap.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Materi tentang Individu: brainly.co.id/tugas/41707748
  2. Materi tentang Kelompok: brainly.co.id/tugas/16553275

#BelajarBersamaBrainly