Urutan wudlu yang benar menurut himpunan putusan tarjih muhammadiyahka bantu dong​

Posted on

Urutan wudlu yang benar menurut himpunan putusan tarjih muhammadiyahka bantu dong​

JADIKANJAWBAANTERBAIK

Berikut tatacara wudhu :

Membaca “Bismillahirrahmanirrahim” (niat wudhu)

Mengikhlaskan niat karena Allah

Membasuh kedua telapak tangan sebanyak tiga kali

Berkumur sambil menghisap air ke dalam hidung dengan telapak tangan sebelah, menyemburkannya tiga kali. Dan menyempurnakan dalam menghisap dan berkumur selama tidak dalam keadaan berpuasa.

Membasuh muka tiga kali dengan menggosok-gosokkannya, mengusap kedua sudut mata dan melebihkan dalam membasuhnya. Menyela-nyelai jenggot (kalau ada)

Membasuh kedua tangan sampai kedua sikut tiga kali-tiga kali, dengan mendahulukan tangan kanan, menggosok-gosoknya dan menyela-nyelai jari tangn serta melebihkannya.

Mengusap kepala satu kali dengan cara menjalankan kedua telapak tangan dimulai dari ujung kepala hingga tengkuk dan mengembalikannya pada posisi semula, serta mengusap kedua telinga, bagian dalam dengan telunjuk dan telinga bagian dalam (daun telinga) dengan ibu jari.

Membasuh kedua kaki beserta kedua mata kaki sebanyak tiga kali-tiga kali dengan mendahulukan kaki kanan, menggosok-gosoknya dan menyela-nyelai jari kai serta melebihkan dalam membasuhnya.

Membaca do’a setelah wudhu :

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

“Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hambaNya dan RasulNya

🙂