Untuk mengetahui jumlah penduduk usia subur data yang diperlukan adalah

Posted on

Untuk mengetahui jumlah penduduk usia subur data yang diperlukan adalah

Untuk mengetahui jumlah penduduk usia subur, data yang diperlukan adalah komposisi penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin. Dengan begitu, data penduduk berjenis kelamin perempuan yang berada pada usia subur dapat diketahui.

Pembahasan

A) PENGERTIAN USIA SUBUR

    Menurutmu, apakah yang dimaksud dengan usia subur? Apabila kamu mengganggap bahwa usia subur ialah usia dimana seorang perempuan memiliki kemampuan untuk melahirkan seorang anak, maka jawaban kamu adalah tepat.

    Usia subur dimulai pada waktu seorang perempuan memasuki masa pubertas. Usia subur berakhir ketika seorang perempuan mengalami proses menopause, yaitu ketika organ kelaminnya menjadi tidak aktif lagi sehingga tida lagi memiliki kemampuan untuk melahirkan.

    Usia subur pada seorang perempuan dimulai dari usia 10 hingga 50 tahun. Walaupun begitu, usia subur optimal bagi seorang perempuan ialah usia 20-29 tahun dimana pada waktu itu kemungkinan seorang perempuan untuk melahirkan adalah sekitar 95%.

    Data yang diperlukan dalam menentukan jumlah penduduk usia subur ialah komposisi penduduk berdasarkan usia dan jenis kelaminnya.

B) KOMPOSISI PENDUDUK

    Komposisi penduduk dapat disusun menjadi grafik berdasarkan usia serta jenis kelaminnya. Grafik tersebut disebut piramida penduduk. Piramida penduduk ialah suatu grafik batang melintang yang menginformasikan jumlah penduduk suatu daerah berdasarkan usia dan jenis kelamin. Piramida penduduk terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

  1. PIRAMIDA EKSPANSIF; terbentuk apabila jumlah penduduk usia lanjut lebih sedikit dari jumlah penduduk muda. Piramida seperti ini banyak terdapat pada komposisi penduduk negara-negara berkembang.
  2. PIRAMIDA STASIONER; terbentuk apabila jumlah penduduk usia lanjut tidak berbeda jauh (hampir sama) dengan jumlah penduduk usia muda. Piramida seperti ini banyak terdapat pada komposisi penduduk negara-negara maju.
  3. PIRAMIDA KONSTRUKTIF, terbentuk apabila penduduk usia lanjut berjumlah lebih banyak dibanding jumlah penduduk usia muda. Piramida seperti ini banyak terdapat pada komposisi penduduk negara-negara bekas perang.

    Tingkat kelahiran penduduk dapat diketahui dengan menggunakan rumus ASBR (Age Specific Birth Rate) dimana tingkat kelahiran pada kelompok usia atau jenis kelamin tertentu dapat diukur dengan rumus ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai rumus ASBR, klik link yang tersedia di bawah untuk menuju ke halaman materi tersebut.

Pelajari Lebih Lanjut

1. RUMUS DAN CONTOH SOAL MENGHITUNG ASBR:

brainly.co.id/tugas/5242399

_________________

Detail Jawaban

bold {Mapel::} Geografi

bold {Kelas::} 11

bold {Materi::} Dinamika Kependudukan Indonesia

bold {Kode:Kategorisasi::} 11.8.5

Kata Kunci : Usia subur, Komposisi penduduk berdasarkan usia dan jenis kelamin, Piramida penduduk