A) Sebutkan dan jelaskan alat musik di daerahmu! jawa timur

Posted on

b)Sebutkan dan jelaskan cara memainkan alat musik di daerahmu! jawa timur ​

A) Sebutkan dan jelaskan alat musik di daerahmu! jawa timur

Jawaban:

A) 1. Bonang

Jika diperhatikan bentuknya, alat musik Jawa Timur ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan gamelan yang merupakan alat musik tradisional Jawa Tengah. Satu hal yang membedakan adalah bonang memiliki poros berbentuk cembung di bagian tengah untuk dipukul saat bonang dimainkan. Saat memukul alat musik ini, kamu harus menggunakan alat pemukul khusus yang disebut dengan bindhi.

2. Ketipung

Alat musik daerah Jawa Timur yang berikutnya adalah ketipung. Bentuknya yang menyerupai gendang kerap kali membuat orang berpikir bahwa ketipung adalah gendang juga, namun berukuran lebih kecil.

Alat musik daerah Jawa Timur yang berikutnya adalah ketipung. Bentuknya yang menyerupai gendang kerap kali membuat orang berpikir bahwa ketipung adalah gendang juga, namun berukuran lebih kecil.Beberapa orang menganggap bahwa ketipung merupakan nama lain dari gendang dangdut. Anggapan seperti ini sering terdengar karena memang sulit membedakan ketipung dan kendang.

Alat musik daerah Jawa Timur yang berikutnya adalah ketipung. Bentuknya yang menyerupai gendang kerap kali membuat orang berpikir bahwa ketipung adalah gendang juga, namun berukuran lebih kecil.Beberapa orang menganggap bahwa ketipung merupakan nama lain dari gendang dangdut. Anggapan seperti ini sering terdengar karena memang sulit membedakan ketipung dan kendang.Ketipung dibuat dari kayu kemudian diberikan lubang yang ukurannya 20 – 40 cm tergantung dari keinginan sang pembuat.

3. Saronen

Alat musik daerah Jawa Timur yang satu ini sebenarnya berasal dari Madura dan terbuat dari kayu jati yang panjangnya sekitar 40 cm.

Alat musik daerah Jawa Timur yang satu ini sebenarnya berasal dari Madura dan terbuat dari kayu jati yang panjangnya sekitar 40 cm.Pada umumnya, saronen digunakan di dalam sebuah grup musik yang terdiri dari berbagai malam alat musik tradisional, seperti ketuk, kenong, dan gong. Karakter suaranya yang tinggi, nyaring, dan meliuk-liuk menjadi keunikan tersendiri bagi saronen.

Alat musik daerah Jawa Timur yang satu ini sebenarnya berasal dari Madura dan terbuat dari kayu jati yang panjangnya sekitar 40 cm.Pada umumnya, saronen digunakan di dalam sebuah grup musik yang terdiri dari berbagai malam alat musik tradisional, seperti ketuk, kenong, dan gong. Karakter suaranya yang tinggi, nyaring, dan meliuk-liuk menjadi keunikan tersendiri bagi saronen.Selain itu, tempat meniup saronen juga juga terbuat dari daun aren. Ditambah sebuah sayap yang dibuat dari tempurung kelapa membuat seakan-akan menyerupai kumis sang pemain saronen.

B) 1. Gamelan

Untuk memainkan Gamelan adalah dengan cara dipukul atau diketuk dengan menggunakan alat yang dilapisi kain.

2. Bonang

Untuk memainkan Bonang adalah dengan cara dipukul yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu: di gembyang dan di kempyung. Sementara pada bagian atas Bonang yang menonjol ditabuh dengan menggunakan dua pemukul khusus yang terbuat dari tongkat berlapis yang disebut bindhi.

3. Terompet Reog

Untuk memainkannya, Terompet Reog dengan cara di tiup, dan termasuk dalam kategori alat musik aerofon atau tiup.

Semoga membantu:)