Jelaskan proses pembentukan ikatan ion antara atom 12Mg dan 8O pada senyawa MgO tersebut

Posted on

Jelaskan proses pembentukan ikatan ion antara atom 12Mg dan 😯 pada senyawa MgO tersebut

Jawaban Terkonfirmasi

Proses pembentukan ikatan ion antara atom Mg dengan nomor atom 12 dan atom O dengan nomor atom 8 pada senyawa MgO adalah….

Pembahasan

Ikatan ion (ikatan elektrovalen) merupakan ikatan yang terbentuk sebagai akibat adanya gaya tarik menarik antara ion positif dengan ion negatif. Ion positif terbentuk dari unsur logam yang melepas elektron, sedangkan ion negatif terbentuk dari unsur nonlogam yang menerima elektron. Ikatan ion dapat terjadinya karena adanya serah terima elektron antara unsur logam dengan unsur nonlogam.

Pembentukan ikatan ion antara atom Mg dengan atom O yaitu:

  • Menentukan mana yang termasuk logam dan nonlogam dengan cara menuliskan konfigurasi elektron dan menentukan elektron valensi (elektron terluar dari kulit atom). Penentuan logam dan nonlogam diketahui elektron valensi yang menyatakan golongan unsur dalam tabel SPU (sistem periodik unsur).

12 Mg : 2 8 2  

8 O : 2 6  

Mg termasuk golongan IIA (elektron valensi Mg = 2, dan O termasuk golongan VIA (elektron valensi O =6). Dengan demikian Mg merupakan logam dan O merupakan nonlogam.

Sesuai dengan kaidah oktet (elektron valensi = 8), semua unsur cenderung ingin menjadi stabil seperti gas mulia dengan cara melepas atau menerima elektron.

  • Menggambar struktur Lewis pembentukan ikatan ion

Struktur Lewis menggambarkan elektron valensi dari suatu unsur dengan menggunakan tanda bulat (tanda titik). Struktur Lewis pembentukan ikatan ion Mg dengan O terlampir pada gambar.

Dengan demikian pembentukan ikatan Ion antara logam Mg dengan O (oksigen), logam Mg melepas 2 elektron menjadi ion Mg²⁺ dan O menerima 2 elektron dari logam Mg menjadi ion O²⁻.

Mg → Mg²⁺ + 2e⁻ (melepas 2 elektron)

O + 2e⁻ → O²⁻      (menerima 2 elektron)

Mg + O → MgO

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang ikatan ion brainly.co.id/tugas/12632841

2. Materi tentang gaya london brainly.co.id/tugas/18966529

3. Materi tentang ikatan antar molekul brainly.co.id/tugas/19059343

Detil jawaban

Kelas: 10 SMA

Mapel: Kimia

Bab: Ikatan kimia

Kode: 10.7.4

Kata Kunci: ikatan ion, ikatan elektrovalen, struktur Lewis, logam, nonlogam

Gambar Jawaban