Apa yang di maksud dengan isostasi, vulkanisme, intrusi magma, dan ekstrusi magma, tlong jelaskan​

Posted on

Apa yang di maksud dengan isostasi, vulkanisme, intrusi magma, dan ekstrusi magma, tlong jelaskan​

Jawaban:

ISOSTASI adalah kondisi keseimbangan gravitasi antara lapisan kerak bumi dan mantel yang mengakibatkan kerak seolah "mengapung" di atas mantel. Konsep Isostasi menjelaskan mengapa ada perbedaan ketinggian topografi bumi.

VULKANISME semua gejala di bumi yang diakibatkan oleh aktivitas magma. Aktivitas magma berhubungan dengan gerakan, dan gerakan magma ini dapat terjadi karena mengandung gas mobile yang merupakan sumber tenaganya untuk menekan batuan yang ada di sekitarnya. Vulkanisme juga dapat mengandung pengertian sebagai peristiwa yang terkait dengan naiknya magma dari dalam perut bumi

INTRUSI MAGMA Intrusi magma adalah naiknya magma menuju ke tempat dengan tekanan yang lebih kecil. Akan tetapi, karena tekanan dari panas yang tidak terlalu besar, magma tetap berada di dalam bumi, dan tidak meletus ke luar bumi. magma akan akan berjalan ke atas serta merayap dan menyusup di antara batuan dan lapisan dari bumi.

Tenaga yang mengangkat magma terbilang kecil, sehingga magma hanya masuk di antara celah- celah lapisan bumi serta di antara batuan- batuan yang ada di dalam bumi. Intrusi magma hanya terjadi di dalam bumi, karena magma tidak sempat keluar dari dalam bumi. Akan tetapi, walau tidak sempat keluar dari dalam bumi, intrusi magma, mampu mengubah bagian dalam bumi, serta membentuk batuan beku yang disebut batuan beku dalam.

EKTRUSI MAGMA Ekstrusi magma adalah pergerakan magma yang menyusup, berasal dari dalam bumi dan keluar ke permukaan bumi melalui kepundan atau celah retakan.