Sebutkan cara meringkas isi teks eksplanasi​

Posted on

Sebutkan cara meringkas isi teks eksplanasi​

Jawaban:

Cara untuk meringkas teks eksplanasi dengan baik yaitu dengan memperhatikan hal berikut:

Membaca Naskah Asli

Langkah awal yang harus dilakukan adalah seorang penulis ringkasan harus membaca naskah asli satu atau dua kali, bahkan dapat diulang beberapa kali hingga diketahui kesan umum secara menyeluruh mengenai isi dari naskah tersebut. Penulis juga perlu mengetahui maksud pengarang dan sudut pandang pengarang.

Mencatat Gagasan Utama

Jika penulis sudah mengetahui kesan umum, maksud asli serta sudut pandang pengarang, maka sekarang ia harus memperdalam dan mempertegas semua hal itu. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memahami kembali karangan bagian demi bagian, alinea demi alinea sambil mencatat gagasan-gagasan penting yang tersirat dalam bagian atau alinea itu.

Mengadakan Reproduksi

Dengan menggunakan kesan umum pada langkah pertama di atas dan catatan-catatan yang diperoleh dari langkah kedua d iatas, maka seorang penulis sudah siap untuk memulai membuat ringkasan yang dimaksud.

Dalam ringkasan urutan isi disesuaikan dengan urutan naskah asli dan harus menggunakan bahasa penulis karangan dan harus diurut. Apabila terdapat gagasan-gagasan di antara gagasan-gagasan yang telah dicatat masih terdapat gagasan yang kabur, maka penulis dapat melihat kembali isi naskah yang asli.

Adapun langkah-langkah yang ditempuh untuk membuat ringkasan yang baik adalah sebagai berikut:

Bacalah teks secara cermat dan efektif, sampai diperoleh gagasan utama, kesan umum, sudut pandang, dan tema utama dari teks.

Catatlah bagian-bagian yang dianggap penting.

Tulislah informasi berdasarkan bagian-bagian yang kamu anggap penting tersebut.

Tulislah ulang intisari bacaan ke dalam bentuk kalimat tidak langsung, bergaya orang ketiga (penceritaan). Gunakan bahasa sendiri, bukan bahasa teks/teks yang diambil secara utuh, menyeluruh, lengkap, sekalipun dalam bentuk penuturan yang singkat.

Tidak memasukkan pikiran, ilustrasi, atau contoh sendiri.

Tidak mengubah keseimbangan dan penekanan pengarang asli.

Menyusun draf atau kerangka untuk membuat intisari bacaan.

Susun draft menjadi bentuk rangkuman yang baik. 

Jawaban:

jawaban ada di foto ya semoga membantu

Penjelasan:

tetap lah di rumah belajar terus tanpa menyerah ●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●●

Gambar Jawaban