1. jelaskan letak indonseisa secara geografis dan keuntungannya

Posted on

2. jelaskan letak indonesia secara astronomis dan keuntungannya
3. sebutkan wilayah yang termasuk dalam WIB, WITA, dan WIT​

1. jelaskan letak indonseisa secara geografis dan keuntungannya

1. Berdasarkan letak geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera. Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia. Serta Indonesia terletak di antara samudera Hindia dan samudera Pasifik.

keuntungan letak geografis Indonesia adalah letak yang strategis sehingga menimbulkan pengaruh bagi Indonesia, secara ekonomi, sosial dan budaya. Karena wilayah Indonesia sangat strategis sehingga dilalui jalur perdagangan dan pelayaran dunia. … Serta jalur perdagangan antara Asia ke Australia dan Selandia Baru

2. Secara astronomis, Indonesia terletak antara 95O BT – 141O BT dan 6O LU – 11O LS.

Keuntungan letak astronomis Indonesia yang menyebabkannya beriklim tropis juga membuat negri ini kaya akan kekayaan alam. Di Indonesia terdapat banyak hutan hujan tropis yang menjadikannya sebagai paru-paru dunia. Selain itu terdapat pula berbagai ragam flora dan fauna yang tersebar di penjuru Indonesia.

3. Waktu Indonesia Barat atau WIB yang mencakup pulau Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah (UTC+07:00). Waktu Indonesia Tengah atau WITA yang mencakup Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UTC+08:00).