Jenis-jenis syair dan penjelasanya

Posted on

Jenis-jenis syair dan penjelasanya

Jawaban:

syair di bagi menjadi 5 jenis

Penjelasan:

1. Syair Panji

Syair panji merupakan syair yang berisi/bercerita mengenai suatu keadaan yang terjadi dalam istana (kerajaan), keadaan orang-orang yang ada atau juga berasal dari dalam istana. Contohnya seperti “Syair Ken Tambunan”.

2.Syair Romantis

Syair romantis merupakan suatu syair yang berisi mengenai perasa cinta, atau percintaan pelipur lara, cerita rakyat. Contohnya seperti, “Syair Bidasari”.

3.Syair Kiasan

Syair kiasan merupakan suatu syair yang menceritakan mengenai percintaan antara ikan, burung, bunga, atau juga buah-buahan yang semuanya hal itu hanyalah simbolik yang terkandung di dalamnya, kiasan atau juga sindiran kepada peristiwa tertentu. Contohnya seperti, “Syair Burung Pangguk”.

4.Syair Sejarah

Syair sejarah merupakan suatu syair yang berdasarkan peristiwa sejarah terpenting, contohnya seperti tentang peperangan. Contoh syair sejarah ini misalnya, “Syair Perang Mengkasar”.

5.Syair Agama

Syair agama merupakan syair yang mengandungi tema ajaran ilmu tasawuf. Syair agama ini tergolong syair terpenting, yang terbagi menjadi empat, yaitu syair sufi, syair tentang ajaran Islam, syair riwayat Nabi, dan juga syair nasihat.