Kenampakan buatan apakah yg nampak pada gambar di atas ????

Posted on

Kenampakan buatan apakah yg nampak pada gambar di atas ????

Kenampakan buatan apakah yg nampak pada gambar di atas ????

Jawaban Terkonfirmasi

Kenampakan alam yang terdapat pada gambar di atas ialah sebagai berikut :

Kiri atas : Pegunungan

Kanan atas : Aliran sungai

Kiri bawah : Danau

Kanan bawah : Bendungan

Pembahasan :

Pegunungan ialah suatu bentang alam yang mana terbentuk dari kumpulan gunung besar dan juga gunung kecil yang kemudian membentuk suatu jajaran atau gugusan. Pegunungan biasanya memiliki ketinggian yang berkisar diantara 600 hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan dataran tinggi yang hanya berada pada ketinggian sekitar 300 hingga 500 meter di atas permukaan laut.

Sungai adalah sebuah aliran air permukaan yang memiliki bentuk memanjang dan juga mengalir secara terus menerus dari hulu ke hilir. Adapun arah aliran sungai sesuai dengan sifat air yaitu bergerak dari tempat tinggi ke tempat rendah. Sungai bermula dari gunung atau dataran tinggi menuju ke danau atau lautan.

Danau adalah sebuah tubuh perairan yang di dalamnya dikelilingi oleh daratan dan juga terletak di daerah cekungan. Danau biasanya memiliki kedalaman yang dangkal, dan airnya berasal dari berbagai sumber seperti mata air, air tanah, air sungai, dan air hujan. Selain itu air di danau ada yang berupa air tawar dan air asin.

Bendungan adalah sebuah bangunan yang biasanya berupa urukan tanah, urukan batu, beton, dan/atau pasangan batu yang dibangun selain untuk dapat menahan dan juga menampung air, selain itu dapat pula untuk menahan dan menampung limbah tambang, atau menampung lumpur sehingga terbentuk waduk.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian pegunungan brainly.co.id/tugas/2192064
  2. Materi tentang pengertian danau brainly.co.id/tugas/5422162
  3. Materi tentang pengertian sungai brainly.co.id/tugas/12760747

Detail jawaban

Kelas : 4

Mapel : Ilmu Sosial

Bab : Bab 2 – Kenampakan Alam di Lingkungan Setempat

Kode : 4.10.2

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3