Kemukakan 6 kehebatan bangsa indonesia dan keberuntungan bangsa indonesia mempersatukan keberagaman

Posted on

Kemukakan 6 kehebatan bangsa indonesia dan keberuntungan bangsa indonesia mempersatukan keberagaman

Jawaban Terkonfirmasi

6 kehebatan bangsa indonesia dan keberuntungan bangsa indonesia di dalam mempersatukan keberagaman dapat dilihat dari berbagai peristiwa internasional dan sejarah nasional yang telah terjadi di masa lampau, sebagai tanda bahwa bangsa kita tidak dikatakan beruntung, namun ini adalah keunggulan bangsa Indonesia yang sampai saaat ini masih utuh meskipun kita sudah melepaskan Timor Timur pada era Reformasi dan menjadikan ini pelajaran berharga di masa depan.

1. Konflik Yugoslavia

Konflik Yugoslavia adalah konflik yang identik dengan perbedaan ras dan agama. Sehingga negara bagian Yugoslavia menjadi pecah dan mendirikan negara sendiri, seperti Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Montenegro, Kroasia, Slovenia dan Makedonia. Keutuhan NKRI masih ada di kita dengan pancasila sebagai dasar negara dan Bhineka Tungga Ika sebagai identitas persatuan kita,

2. Solusi Gerakan D1/TII Aceh

D1/TII di Aceh membuat Aceh pada masa itu ingin merdeka dari indonesia, namun dengan bermusyawarah dan bermufakat adalah ciri dan tradisi Indonesia yang luhur membuat kita akhirnya bisa bersatu, karena tradisi musyawarah dan mufakat adalah ciri dari nasional bangsa kita,

3. Perayaan Imlek

Pada masa pemerintahan Gusdur, menetapkan Hari Raya Imlek bagi suku Tionghoa pada tahun 2000, dari sinilah memunculkan bahwa kita pernah memiliki presiden yang menjadi bapak perdamaian dan toleransi Indonesia. Simbol pengukuhan persatuan atas keberagaman semakin kuat di indonesia.

4. Konsep Demokrasi Indonesia

Sejarah Demokrasi kita sangat berbeda dengan Amerika Serikat, dimana pada masa itu demokrasi di Amerika Serikat pernah terjadi diskriminasi antara kulit hitam dan kulit putih di negara tersebut, kulit hitam tidak memiliki hak untuk ikut pemilu, dianggap budak dan lain sebagainya, padahal Amerika Serikat menganut demokrasi sudah dilakukan jauh melampaui indonesia sejak kemerdekaan Amerika Serikat pada 14 Juli 1776. Indonesia berhak unggul sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, yang tidak pernah tercatat melakukan diskriminasi terhadap warganya terutama pada pemilu sejak awal kemerdekaannya.

5. Konflik Pakistan

Indonesia adalah negara dengan mayoritas islam terbesar di dunia, yang tidak seperti konflik Bangladesh dan Pakistan yang akhirnya menjadikan Bangladesh (Pakistan Timur) memisahkan diri dan merdeka pada 26 Maret 1971. Inilah karena Pancasila dan nilai keislaman di negara kita selain sangat menghormati sesama tanpa memandang ras dan suku, ini menimbulkan bahwa semua adalah satu Indonesia sebagai identitas nasional kita,

6. Revolusi Indonesia

Berbagai Revolusi di dunia identik dengan revolusi yang mengukum mati kepala kerajaannya, seperti Louis XVI dan Tsar Nicholar II, namun unik dan hebatnya adalah revolusi indonesia dikenal dengan pembebasan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, sehingga fase revolusi kita dianggap luhur karena revolusi indonesia bukan melawan bangsa sendiri dan membunuh kepala negara, melainkan melawan penjajahan atas bangsa Belanda yang ingin menjajah kembali Indonesia pada masa itu.

Di dalam keunggulan bangsa kita tidak lepas dari Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, tradisi musyawarah dan mufakat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keutuhan atau integritas bangsa Indonesia, meskipun ada gerakan separatis seperti GAM, Peristiwa Sampit, Kerusuhan Ambon yang telah terjadi, namun ini semua berkat lambang bangsa dan identitas nasional kita di dalam mempersatukan keutuhan nasional dan menjadikan satu bangsa satu indonesia.

Untuk menambah pengetahuanmu tentang kehebatan bangsa indonesia dan keberuntungan bangsa indonesia mempersatukan keberagaman, klik link di bawah ini:

Sebutkan 6 keragaman yang dimiliki bangsa indonesia

brainly.co.id/tugas/199089

………………………………………

KODE : 12.3.4

KELAS : 12

PELAJARAN : SEJARAH

KATEGORI : Revolusi Kemerdekaan Indonesia 1945-1950

KATA KUNCI : Keberagaman, Bhinneka tunggal Ika, Integritas Nasional