1.

Posted on

Sebutkan jenis-jenis interaksi asosiatif dan disosiatif?
2. Apa dampak negatif dari interaksi antarruang dalam wilayah kitamasing
masing?
3. Sebutkan tiga contoh interaksi ruang yang ada dalam wilayah kita
masing masing?
4. Sebutkan lima syarat dalam pembuatan sebuah peta?
5. Sebutkan ciri ciri dari orang wirausaha?
6. Jelaskan manfaat kreatifitas bagi kehidupan ekonomi?
7. Faktor apa sajakah yang menyebabkan perbedan kebutuhan setiap
orang?
8.
Apakah yang dimaksud dengan manusia sebagai makhluk ekonomi?
?
9. Berikan contoh tindakan ekonomi yang didasarkan atas kejujuran
tanggung jawab, dan santun?
10. Uraikan tugas pokok dalam kegiatan ekonomi?
11. Buatlah siklus pendek perputaran air !
12. Sebutkan faktorfaktor interaksi sosial yang kamu ketahui?
13. Sebutkanciri ciri interaksi sosialyang kamu ketahui?
14. Sebutkan dan jelaskan tiga contoh norma yang kalian ketahui!
15. Sebutkan fungsi dari lembaga sosial yang kamu ketahui?​

1.

1. Kerja Sama (Cooperation), Kooptasi, koalisi, join venture, Akomodasi (Accomodation),Asimilasi (Accimilation), akulturasi

2. Dampak Negatif: Adanya ketergantungan suatu negara terhadap negara lain.Penggunaan teknologi tinggi dapat menimbulkan pengangguran. Adanya kompetensi tenaga kerja pun dapat menciptakan pengangguran. Berubahnya pola konsumsi masyarakat yang meniru konsumsi negara yang lebih maju, yang umumnya berpola konsumtif.

3. a. Kemacetan membuat sejumlah pegawai datang terlambat di kantor sehingga pekerjaan kantor yang deadline hari itu harus tertunda

b. Suku A yang tinggal di perbukitan mulai kehabisan sumber makanan, akhirnya memutuskan untuk pindah ke tempat lain yang sumber makanannya lebih banyak.

c. Kebakaran di hutan membuat sebagian besar satwa yang tinggal di hutan kehilangan tempat tinggal sehingga banyak hewan liar yang mulai masuk ke desa atau ke tempat pemukiman warga.

4. judul, skala, legenda, orientasi, tahun pembuatan

5. berprestasi, berkomitmen tinggi, kreatif dan inovatif, mandiri dan realistis, terampil

6. guna menghadapi tantangan hidup ekonomi yang berat di masa depan serta guna membantu menciptakan alternatif tindakan ekonomi.

7. keadaan lingkungan alam, peradaban atau kebudayaan, agama dan adat istiadat, waktu, pendapatan

8. Artinya manusia sebagai makhluk ekonomi bersikap rasional, segala perilaku dan kegiatannya selalu memperhitungkan keuntungan yang diperoleh.

9.Seorang penjual menjual barang dagangannya dengan jujur memberikan informasi kualitas dan kuantitas barang yang dijualnya. Dia membedahkan barang yang punya kualitas bagus dan barang yang punya kualitas jelek, semua itu dia jelaskan dengan baik kepada konsumen sehingga konsumen tidak merasa tertipu. Dia juga tidak mengurangi skala timbangan sehingga barang yang dijualnya sesuai berat dan jumlahnya sehingga konsumen merasa puas jika membeli di tokonya tersebut.

10. a. Produksi

Produksi adalah suatu kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa. Produksi barang yaitu kegiatan menambah kegunaan benda dengan mengubah sifat dan bentuknya, misalnya membuat makanan, membuat barang industri, dan lain-lain.

b. Distribusi

Distribusi adalah suatu kegiatan menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Badan atau orang yang melakukan ini disebut sebagai distributor. Tanpa adanya distributor, barang dari produsen akan sulit sampai ke tangan konsumen.

c. Konsumsi

Konsumsi adalah suatu kegiatan menggunakan atau menghabiskan barang/jasa untuk memenuhi kebutuhan atau kelangsungan hidup. Pelaku yang melakukan kegiatan konsumsi disebut sebagai konsumen.

11. Uap air yang terbentuk melalui evaporasi air laut kemudian akan diturunkan sebagai hujan pada daerah sekitar laut. Siklus ini tergolong siklus yang pendek karena tidak adanya proses adveksi atau pergerakan uap air oleh angin.

12. sugesti, imajinasi, identifikasi, simpati, empati dan motivasi

13-Jumlah pelaku lebih dari satu orang, akan interaksi membutuhkan aksi dan reaksi.

– Interaksi social menggunakan komunikasi dengan simbol-simbol tertentu.

– Interaksi sosial memuat dimensi waktu meliputi masa lalu, masa kini dan masa depan.

– Adanya tujuan yang ingin dicapai.

14. norma agama, norma hukum, norma susila

15. Memberi pedoman pada anggota masyarakat. bagaimana mereka harus bertingkah laku atau bersikap dalam menghadapi masalah yang berkembang atau muncul di lingkungan masyarakat. Menjaga keutuhan masyarakat

1. BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL ASOSIATIF

           Interaksi Asosiatif adalah hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh seseorang maupun sekelompok orang dimana interaksi ini mengarah kepada kontak sosial positif dan kesatuan pandangan.

Bentuk interaksi asosiatif antara lain :

• Kerja Sama. Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau beberapa tujuan bersama.

• Akomodasi. Akomodasi adalah suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiannya.

• Asimilasi. Asmiliasi adalah suatu cara untuk bersikap dan bertingkah laku dalam menghadapi perbedaan untuk mencapai kesatuan dalam pikiran dan tindakan.

BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL DISOSIATIF

           Interaksi Disosiatif adalah hubungan atau interaksi yang dilakukan seseorang maupun sekelompok orang dimana interaksi ini menyebabkan kontak sosial negatif, konflik, serta perenggangan solidaritas kelompok.

Bentuk interaksi disosiatif antara lain :  

• Kompetisi. Kompetisi adalah suatu proses individu atau kelompok yang bersaing untuk mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan tertentu.

Kontravensi. Kontravensi adalah sikap mental bersifat negatif yang tersembunyi terhadap orang lain atau terhadap unsur-unsur kebudayaan suatu golongan tertentu.

• Pertentangan/Konflik. Pertentangan (konflik) adalah suatu proses di mana individu atau kelompok berusaha untuk memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman dan kekerasan.

2. Dampak Negatif

• Modernisasi kota telah melunturkan orientasi pertanian yang menjadi pokok kehidupan mereka. Misalnya, budaya kontes kecantikan, peragaan busana, dan foto model.

• Siaran televisi yeng dapat di tangkap dari pelosok desa dapat meningkatkan konsumerisme dan kriminalitas. Penduduk desa dengan mudah meniru iklan dan tindak kejahatan dalam film atau sinetron yang di tayangkan televisi.

• Pengurangan dengan tenaga produktif di desa karena banyak tenaga muda yang lebih tertarik bekerja di kota. Mereka beranggapan di kota banyak kesempatan kerja dengan upah yang tinggi. Akibatnya, di desa hanya tinggal orang tua dan anak-anak yang produktif.

3. Berikut tiga contoh interaksi ruang yang ada dalam wilayah kita masing masing:

• Mobilitas penduduk. interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia contoh imigrasi , transmigrasi.

• Komunikasi. interaksi melalui perpindahan ide atau gagasan informasi contoh informasi secara langsung dan tidak langsung.

4. Unsur peta sebagai syarat peta tersebut adalah :

• Judul peta. Setiap peta tentu harus memiliki judul.

• Legenda. Legenda dalam peta merupakan keterangan dari lambang – lambang yang terdapat pada peta supaya lebih mudah dibaca.

• Simbol peta.

• Penunjuk arah mata angin.

• Skala peta.

• Lettering.  

DLL

5. Ciri-ciri seorang wirausahawan adalah:

• Percaya diri.

• Berorientasikan tugas dan hasil.

• Berani mengambil risiko.

• Kepemimpinan.

• Keorisinilan.

DLL

6. Manfaat kreativitas bagi kehidupan ekonomi adalah guna menghadapi tantangan hidup ekonomi yang berat di masa depan serta guna membantu menciptakan alternatif tindakan ekonomi.

7. Faktor faktor apa saja yang menyebabkan perbedaan kebutuhan setiap orang:

• Jenis kelamin.

• Tingkat pendidikan.

• Lingkungan tempat tinggal.

• Kemajuan IPTEK.

• Tingkat pendapatan.

• Status sosial.

8. Manusia mempunyai sifat selalu ingin memperbaiki dan meningkatkan kualitas dalam hidupnya, manusia ini disebut makhluk ekonomi (homo economicus). Artinya manusia sebagai makhluk ekonomi bersikap rasional, segala perilaku dan kegiatannya selalu memperhitungkan keuntungan yang diperoleh.

9. Berikan contoh tindakan ekonomi yang didasarkan atas kejujuran, tanggung jawab dan santun!

Jawab :

          a. Kejujuran : Seorang pedagang yang menjual dagangannya dengan takaran yang tepat.

          b. Tanggung Jawab : Seorang petani yang mengolah, menanam, dan memanen hasil pertaniannya.

          c. Santun : Seorang polisi yang mengayomi dan memberikan tauladan yang baik bagi masyarakat.

10. 3. Pokok kegiatan ekonomi adalah Kegiatan Produksi, Kegiatan Distribusi, dan Kegiatan Konsumsi. Kegiatan Produksi adalah kegiatan untuk menghasilkan barang/jasa, untuk memperoleh keuntungan, dan memenuhi kebutuhan konsumen.

↓↓ Link deskripsi ↓↓

brainly.co.id/tugas/2213342

brainly.co.id/tugas/9766516

brainly.co.id/tugas/8020208