Kejelasan stuktur teks ekspansi membuat kita lebih mudah menemukan ​

Posted on

Kejelasan stuktur teks ekspansi membuat kita lebih mudah menemukan ​

Jawaban Terkonfirmasi

Teks eksplanasi adalah salah satu jenis teks yang berisi proses mengapa dan bagaimana akan suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan juga lainnya bisa terjadi di kehidupan manusia. Teks Eksplanasi ditulis guna  menjawab pertanyaan yang  berupa kata tanya mengapa dan bagaimana.

Identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan merupakan tiga struktur yang dapat kita temukan pada teks eksplanasi. Dalam Bahasa Indonesia, teks eksplanasi dikenal sebagai teks yang menyajikan informasi berupa bagaimana dan kenapa suatu peristiwa dapat terjadi. Dengan adanya informasi semacam ini, para pembaca dan pendengar pun dapat mengetahui secara persis detil terjadinya peristiwa, meski mereka tidak berada di tempat pada saat kejadian berlangsung. Teks semacam ini dapat digunakan untuk mengulas berbagai topik mulai dari budaya, fenomena alam, sejarah, dan lain sebagainya.

Pembahasan

Teks Eksplanasi adalah suatu teks yang menjelaskan terkait suatu fenomena alam maupun sosial.  Tujuan Penulisan Teks Eksplanasi yaitu Untuk menjelaskan proses terciptanya suatu peristiwa yang terjadi secara alamiah, atau dapat juga suatu proses bekerjanya fenomena alam atau sosial.

Terdapat beberapa ciri Teks Eksplanasi:

  • Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, dengan  urutan sebab akibat, serta terdapat interpretasi. Informasi yang dimuat didalamnya berisi berdasarkan fakta (faktual). Faktual biasanya memuat informasi yang bersifat  ilmiah atau keilmuan, misalnya sains,terhadap hal yang dibahas.
  • Tujuan teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan terkait sebuah proses atau peristiwa secara informatif dan faktual.

Contoh teks eksplanasi secara singkat adalah:

Gunung meletus adalah salah satu fenomena alam yang disebabkan oleh endapan magma yang terdapat dalam perut bumi.  Gas yang ada didalamnyab kemudian akan menyembur ke luar dengan kekuatan yang sangat besar.  Kemudian gas tersebut yang disemburkan keluar dari gunung berapi  membawa benda lainnya seperti bebatuan dan kerikil.  Peristiwa ini akan menyebabkan gunung meletus sebagai salah satu contoh bencana alam yang berbahaya bagi masyarakat.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : X SMA

Mapel : B indonesia

Bab : teks eksplanasi

Kode :-

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3