Pertumbuhan dan perkembangan pesantren dari masa walisongo, penjajahan dan masa kemerdekaan​

Posted on

Pertumbuhan dan perkembangan pesantren dari masa walisongo, penjajahan dan masa kemerdekaan​

Jawaban:

. Sejarah perkembangan pondok pesantren

a. Asal usul pesantren dan sejarah perkembangannya

Pesantren dilahirkan atas dasar kewajiban dakwah Islamiyah, yakni menyebarkan dan mengembangkan ajaran Islam, sekaligus mencetak kader-kader ulama atau da’i.[1] Pesantren sendiri menurut pengertian dasarnya adalah “tempat belajar para santri”, sedangkan pondok berarti rumah atau tempat tinggal sederhana yang terbuat dari bambu. Di samping itu pondok juga berasal dari bahasa arab “funduq” yang berarti hotel atau asrama.

Pembangunan suatu pesantren didorong oleh kebutuhan masyarakat akan adanya lembaga pendidikan lanjutan. Namun demikian, faktor guru yang memenuhi persyaratan keilmuan yang diperlukan sangat menentukan tumbuhnya suatu pesantren. Pada umumnya, berdirinya suatu pesantren ini diawali dari pengakuan masyarakat akan keunggulan dan ketinggian ilmu seorang guru atau kyai. Karena keinginan menuntut ilmu dari guru atau kyai tersebut, masyarakat sekitar bahkan dari luar daerah datang kepadanya untuk belajar. Kemudian mereka membangun tempat tinggal yang sederhana di sekitar tempat tinggal guru tersebut.[2]

b. Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam

Lembaga pendidikan islam adalah wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan islam yang bersamaan dengan proses pembudayaan. [3] Pesantren sebagai salah satu lembaga pendidikan islam, mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan pendidikan islam di indonesia.

Mekanisme kerja pesantren mempunyai keunikan dibandingkan dengan sistem yang diterapkan dalam pendidikan pada umumnya, yaitu:[4]

1) Memakai sistem tradisional yang mempunyai kebebasan penuh

2) Kehidupan di pesantren menampakkan semangat demokrasi

3) Para santri tidak mengidap penyakit simbolis

4) Sistem pondok pesantren mengutamakan kesederhanaan, idealisme, persaudaraan, penanaman rasa percaya diri dan keberanian hidup.

5) Alumni pondok pesantren tidak ingin menduduki jabatan pemerintahan, sehingga mereka hampir tidak dapat dikuasai oleh pemerintah.[5]

Pesantren mempunyai ciri khas tersendiri yang dapat membedakannya dengan lembaga pendidikan lainnya. Ciri khas tersebut sekaligus juga menjadi unsur-unsur pokok pesantren, yaitu sebagai berikut:

1) Pondok

Pondok merupakan tempat tinggal kyai bersama para santri dan bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

2) Masjid

Masjid digunakan sebagai pusat kegiatan ibadah dan belajar.

3) Santri

Santri merupakan unsur pokok dari suatu pesantren. Santri biasanya terdiri dari dua kelompok yaitu santri mukim dan santri kalong

4) Kyai

Kyai yaitu tokoh sentral dalam pesantren yang memberikan pengajaran.

5) Kitab-kitab Islam klasik

Kitab-kitab Islam klasik yaitu kitab yang dikarang para ulama terdahulu, mengenai berbagai macam

Jawaban:

Deskripsi tentang perkembangan pesantren tidak bisa terlepas dengan penyebaran dan penyiaran Agama Islam di bumi Indonesia ini, sehingga dalam mengkaji perkembangan pesantren ini dapat dikelompokkan menjadi beberapa fase, yaitu :

Fase masuknya Islam ke Indonesia

Fase penjajahan Belanda

Fase penjajahan Jepang

Fase Indonesia merdeka

Untuk lebih mengetahui perkembangan pesantren di Indonesia, akan berikut penjelasan keadaan dan kondisi pesantren pada masing-masing fase tersebut.

Penjelasan:

smga membantu