Jelaskan pengertian indeks pembangunan manusia (ipm),dan apa kegunaan (ipm)

Posted on

Jelaskan pengertian indeks pembangunan manusia (ipm),dan apa kegunaan (ipm)

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengukur capaian pembangunan manusia berbasis sejumlah komponen dasar kualitas hidup. Sebagai ukuran kualitas hidup, IPM dibangun melalui pendekatan tiga dimensi dasar. Dimensi tersebut mencakup umur panjang dan sehat; pengetahuan, dan kehidupan yang layak. Ketiga dimensi tersebut memiliki pengertian sangat luas karena terkait banyak faktor. Untuk mengukur dimensi kesehatan, digunakan angka harapan hidup waktu lahir. Selanjutnya untuk mengukur dimensi pengetahuan digunakan gabungan indikator angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah. Adapun untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indikator kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak.
Aspek Politik / Pemerintahan
Dalam melaksanakan kepemerintahannya, Desa Awiluar dipimpin oleh seorang Kepala Desa (Kuwu). Kepala desa sendiri dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh aparat desa lain yang disebut perangkat kepemerintahan desa
Pemilihan Kepala Desa sendiri dipilih melalui metode pemilihan umum kepala desa yang dilaksanakan tiap 5 tahun sekali. Sedangkan sebagai penyangga kinerja Kepala Desa, dibutuhkan pula jajaran staf desa yang terdiri dari Sekretaris Desa; Kaur Umum; Kaur Keuangan; Kasi Pemerintahan, Keamanan, dan Ketertiban; Kasi Perekonomian dan Pembangunan; dan Kasi Kesejahteraan dan Pemberdayaan masyarakat. Jajaran staf desa ini dipilih langsung oleh Kepala Desa yang terpilih…
(Baca lebih lanjut…)
Aspek Ekonomi dan Mata Pencaharian
Sebagian mata pencaharian penduduk Desa Awiluar ialah petani. Hal ini didukung dari jumlah lahan pertanian yang banyak terdapat di Desa Awiluar ini. Sebagai petani, masyarakat desa ada yang bekerja di lahan taninya sendiri dan ada pula yang bekerja di lahan/tanah bengkok sewaan pemerintah dengan sistem bagi hasil dalam pembagian keuntungannya.
Selain petani, terdapat pula masyarakat desa yang bekerja sebagai pedagang, buruh bangunan, PNS/TNI Polri ataupun karyawan swasta. Di beberapa dusun, terdapat pula warganya yang bekerja merantau baik keluar desa ataupun keluar negeri sebagai TKI… (Baca lebih lanjut…)
Aspek Pendidikan
Pendidikan merupakan aspek penting dalam roda kehidupan. Tidak dapat dipungkiri, pendidikan dewasa ini sudah merupakan hal pokok yang menjadi kebutuhan tiap masyarakat. Khusus di Desa Awiluar ini, pendidikan sudah mendapatkan tempat yang cukup baik.
Kewajiban mengenyam pendidikan selama 9 tahun di desa ini sudah diberlakukan, dilihat dari terdapatnya fasilitas dan lembaga pendidikan yang terdiri dari beberapa jenjang pendidikan, dimulai dari tingkat TK/RA, SD / MI, MTs (sederajat SMP) hingga SMK, bahkan di Desa Awiluar ini terdapat pula SLB (Sekolah Luar Biasa) meskipun belum terdapat lembaga pendidikan setara Sekolah Menengah Atas di Desa Awiluar ini… (Baca lebih lanjut…)
Aspek Kesehatan
Bidang kesehatan merupakan bidang dasar dan sangat penting bagi kehidupan manusia. Untuk mencapai kesehatan yang optimal perlu didukung oleh fasilitas pelayanan kesehatan dan lembaga-lembaga terkait. Di Desa Awiluar terdapat satu puskesmas, namun puskesmas tersebut bukan milik Desa Awiluar, melainkan milik Kecamatan Lumbung. Untuk menuju ke puskesmas warga dapat dengan mudah mengaksesnya … (Baca lebih lanjut…)