Tuliskan peran negara negara ASEAN dalam pembangunan ekonomi ASEAN

Posted on

Tuliskan peran negara negara ASEAN dalam pembangunan ekonomi ASEAN

  • Jawaban:
  • Penjelasan:
  • Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Dinamika Negara Negara ASEAN


•} Negara-negara ASEAN membuka pusat promosi sektor ekonomi di Jepang

ASEAN perlu mempromosikan diri selain melalui PBB, target promosi ASEAN adalah negeri sakura yang satu ini. Sektor ekonomi yang dipromosikan ASEAN adalah perdagangan, pariwisata, dan investasi. Dengan dibukanya pusat promosi di Jepang ini diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekspor negara-negara ASEAN ke Jepang dan meningkatkan jumlah investor Jepang bagi negara-negara ASEAN.

•} Negara-negara ASEAN membantu persediaan bahan pangan

Sudah ada negara-negara penghasil beras di ASEAN yang kita ketahui, seperti Thailand, Kamboja, dan Indonesia. Negara dalam ASEAN bekerja sama tidak hanya dalam nuansa menguntungkan namun juga dalam kondisi darurat, seperti krisis pangan akibat bencana alam. Jika terjadi seperti itu maka negara ASEAN siap menyuplai cadangan pangan. Negara-negara yang sudah mendaftarkan diri untuk membantu persediaan makanan adalah negara-negara pendiri ASEAN, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

•} Negara-negara ASEAN menyelenggarakan proyek industri

Dalam menjalin kerja samanya di bidang ekonomi, negara-negara anggota ASEAN secara bersama-sama menggerakkan kerja samanya dalam sektor industri. Sektor industri yang digerakkan oleh negara-negara ASEAN sangat beragam. Semua bentuk kerjasama dalam proyek industri ini dilakukan untuk kemajuan bersama negara-negara anggota ASEAN. Adapun beberapa proyek industrinya adalah sebagai berikut:

▪ASEAN Aceh Fertilizer Project yang merupakan pabrik pupuk di Aceh-Indonesia.

▪ASEAN Urea Project yang merupakan pabrik pupuk urea di Malaysia.

▪ASEAN Copper Fabrication Project yang merupakan pabrik industri tembaga di Filipina.

▪ASEAN Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura.

▪ASEAN Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi abu soda di Thailand.

•} Negara-negara ASEAN bekerja sama membentuk AFTA dan AEC

AFTA (ASEAN Free Trade Area) atau Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN adalah bentuk kerja sama negara ASEAN berupa persetujuan akan pencabutan batas pengelolaan sektor produk-produk lokal dari masing-masing negara sehingga menjadi lebih fleksibel dan dapat terjual di pasar yang lebih besar serta bersaing ketat. Tujuannya agar menjadikan kawasan ASEAN sebagai lokasi produksi yang kompetitif, menarik investor asing, dan meningkatkan perdagangan intra-ASEAN. Keberadaan AFTA guna meningkatkan daya saing negara ASEAN dalam melakukan produksi untuk pasar dunia dibuktikan dengan adanya penghapusan bea (biaya) dalam ASEAN sendiri hingga menjadi 0%.

Sedangkan AEC (ASEAN Economic Community) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah kerja sama negara ASEAN berupa pemerataan pembangunan ekonomi negara ASEAN hingga berintegrasi penuh pada ekonomi global yang bertujuan untuk kesejahteraan anggotanya dalam menyikapi perdagangan bebas ASEAN. Keberadaan AEC dibuktikan dengan adanya pengembangan sumber daya dan kapasitas, konsultasi dekat pada makro ekonomi dan masalah finansial, langkah pembiayaan perdagangan, pembangunan infrastruktur, mempromosikan sumber daerah dengan integrasi industri, dan meningkatkan keterlibatan sektor swasta dalam pembangunan AEC.

•} Negara-negara ASEAN membentuk Koperasi ASEAN (ACO)

Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO) merupakan salah satu bentuk kerja sama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Oganisasi ini merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan negara-negara ASEAN. Dalam tujuannya, koperasi ASEAN mempunyai keinginan untuk mengkokohkan organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian dan transaksi niaga di Asia Tenggara.