Prasasti yang berasal dari kerajaan mataram kuno adalah ​

Posted on

Prasasti yang berasal dari kerajaan mataram kuno adalah ​

Jawaban:

Penjelasan:

1. Prasasti Sojomerto (Abad ke-7)

Prasasti ini berbahasa Melayu Kuno dan ditemukan di desa Sojomerto, kabupaten Pekalongan. Isi dalam prasasti ini adalah penjelasan bahwa Syailendra merupakan penganut agama Budha.

2. Prasasti Canggal (732 M)

Prasasti ini memiliki bentuk Candrasangkala. Ditemukan di Gunung Wukir, Desa Canggal. Isi prasasti ini adalah peringatan pembuatan lingga di Desa Kunjarakunja oleh Raja Sanjaya.

3. Prasasti Kalasan (778 M)

Prasasti Kalasan berbentuk tulisan yang menggunakan bahasa sansekerta dan huruf pranagari (India Utara). Peninggalan yang berupa prasasti ini ditemukan di desa Kalasan Yogyakarta. Isi dari prasasti ini ialah tentang kabar Raja Syailendra yang membujuk Rakai Panangkaran untuk mendirikan bangunan suci untuk Dewi Tara. Dimana bangunan suci ini akan dijadikan vihara bagi para pendeta Budha.

4. Prasasti Kelurak (782 M)

Prasasti Kelurak ditemukan di desa Prambanan. Isinya menceritakan pembangunan arca Manjusri sebagai wujud sang Budha, Dewa Wisnu dan Sanggha. Selain itu prasasti ini juga menyebut Raja Indra yang bergelar Sri Sanggramadananjaya sebagai raja yang berkuasa saat itu. Prasasti ini ditulis dengan huruf Pranagari dan bahasa Sansekerta.

5. Prasasti Ratu Boko (856 M)                 

Isi dari prasasti Ratu Boko menceritakan tentang kekalahan Balaputra Dea dalam perang melawan kakaknya yaitu Rakai Pikatan atau Pramodhawardani dalam perebutan kekuasaan.

6. Prasasti Mantyasih (907 M)

Prasasti ini ditemukan di Mantyasih Kedu, Jawa Tengah. Isi dari prasasti ini adalah silsilah raja-raja Mataram yang mendahului Bality. Yaitu Raja Sanjaya,nRakai Panangkaran, Rakai Warak, Rakai Panunggalan, Rakai Garung, Rakai Watuhmalang, Rakai Pikatan, Rakai Kayuwangi dan Rakai Watukara Dyah Balitung.